Skripsi
Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSUD Ba’a Tahun 2022
XMLPelayanan rawat inap merupakan suatu kelompok pelayanan kesehatan yang terdapat di rumah sakit dan merupakan gabungan dari beberapa fungsi pelayanan. Kualitas layanan harus dimulai dengan kinerja rumah sakit yang baik sehingga pasien mendapatkan sesuatu yang mereka butuhkan dan mencapai tingkat kepuasan serta persepsi positif terhadap kualitas layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Ba’a tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan dimensi bukti fisik (p-value=0,000), kehandalan (p-value=0,000), daya tanggap (p-value=0,000), jaminan (p-value=0,005), empati (p-value=0,007) dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Ba’a Tahun 2022. Disarankan bagi RSUD Ba’a untuk dapat tetap menjaga dan memaksimalkan kualitas pelayanan kesehatan sehingga pasien yang menggunakan fasilitas Kesehatan terus merasa puas dengan pelayanan yang di dapat.
Kata Kunci: Rumah Sakit, Rawat Inap, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
VIRNA CLAUDYA PUTRI SADUK - Personal Name
|
Student ID |
1807010124
|
Dosen Pembimbing |
RINA WATY SIRAIT - 198008202005012002 - Dosen Pembimbing 1
DOMINIRSEP OVIDIUS DODO - 198609122008121002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Rina Waty Sirait - 198008202005012002 - Ketua Penguji
Dominirsep Ovidius Dodo - 198609122008121002 - Penguji 1 Kenjam Yoseph - 195902271986011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
13101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Kesehatan Masyarakat
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
132.01 SAD H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |