Persepsi Pengguna BPJS Non-PBI Terhadap Pelayanan Kesehatan Di RSUD S.K Lerik Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi Pengguna BPJS Non-PBI Terhadap Pelayanan Kesehatan Di RSUD S.K Lerik Kota Kupang

XML

Pada dasarnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat tergolong kedalam berbagai program demi meningkatkan kesejahteraan kesehatan. Oleh karena itu, peran pemerintah sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan. Ketika menerima pelayanan kesehatan akan timbul persepsi masyarakat mengenai pelayanan kesehatan yang diberikan. Penelitian ini berjudul Persepsi Pengguna BPJS Non-PBI Terhadap Pelayanan Kesehatan di RSUD S.K Lerik Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan teknik penentuan informan melalui sampel bertujuan atau purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 12 orang. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi pengguna BPJS Non-PBI terhadap pelayanan kesehatan yang ada di RSUD S. K. Lerik Kota Kupang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada informan yang dianggap berpotensi untuk memberikan informasi terkait dengan hal yang diteliti, juga melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pengguna BPJS Non-PBI terhadap pelayanan kesehatan yang ada di RSUD S. K. Lerik Kota Kupang terdapat 2 persepsi yaitu persepsi positif dan persepsi negatif. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan, persepsi positif yang diberikan yaitu mengenai kemampuan dalam mengoperasikan alat medis dan kemampuan memberi pelayanan, dimana petugas kesehatan dalam hal ini dokter dan perawat mampu mengoperasikan alat-alat medis dengan baik dan cepat serta mampu bersikap professional dalam memberikan pelayanan. Persepsi negatif yang diberikan yaitu mengenai ketersediaan obat dan alat medis, dan sarana dan prasarana dirasa masih belum efektif dan efesien karena masih sering terjadinya ketidaktersediaan obat-obatan dan fasilitas pendukung seperti AC dan tempat cuci tangan yang rusak. Agar pelayanan kesehatan rumah sakit jadi lebih baik lagi perlu dilakukan pengecekan rutin sarana dan prasarana serta perlu dijaga etika pelayanan yang diberikan kepada pasien di Rumah Sakit S. K. Lerik Kota Kupang. Kata Kunci : Persepsi, Pelayanan Kesehatan, BPJS Non-PBI


Detail Information

Item Type
Penulis
Diki Stefan Subu Taopan - Personal Name
Student ID
1503030090
Dosen Pembimbing
Hildigardis M. I. Nahak - 197905012006042001 - Dosen Pembimbing 1
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hildigardis M.I. Nahak-19790501 200604 2 001 - - Ketua Penguji
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 1
Aris Lambe - 196205021990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 TAO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA