PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS DI SMA NEGERI 3 KUPANG TIMUR KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS DI SMA NEGERI 3 KUPANG TIMUR KABUPATEN KUPANG

XML

Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas X IIS SMA Negeri 3 Kupang Timur dan objek yang terdiri dari kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Two stay two stray dan kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan tes. Data yang dikumpulkan yaitu data mengenai hasil belajar siswa yang kemudian dianalisis menggunakan analisis analisis univariat berupa ukuran pemusatan, ukuran penyebaran dan uji perbedaan dalam penganalisisan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil belajar siswa Kelas X IIS 2 pada Mata Pelajaran Ekonomi, dengan jumlah siswa terdiri atas 34 siswa, yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional memiliki nilai yang tuntas sebanyak 12 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 35,29 (%), sedangkan siswa yang tidak tuntas ada 22 siswa dengan persentase ketidaktuntasan sebesar 64,70 (%) dengan standar nilai KKM 78. Hasil belajar siswa Kelas X IIS 1 pada Mata Pelajaran Ekonomi, dengan jumlah siswa terdiri atas 32 siswa, yang diajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray memiliki nilai yang tuntas ada 19 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 59,37 (%) dengan standar nilai KKM 78, sedangkan siswa yang tidak tuntas ada 13 siswa dengan persentase ketidaktuntasan sebesar 40,62 (%) dengan standar nilai KKM 78. Hasil pengolahan data dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic 24, diketahui bahwa P-value = 0,038 lebih kecil dari α=0,05 sehingga H_0 ditolak. Dengan demikian mean data hasil post-test untuk kelas eksperimen lebih baik dibandingkan mean data hasil post-test untuk kelas kontrol. Penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Perlakuan Metode Eksperimen


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARGARETA METOLA - Personal Name
Student ID
1901080049
Dosen Pembimbing
Drs. Yeheskial Nggandung, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
fernando saragih - 199407232020121009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Markus Umbu K. Yewang, MM - - Ketua Penguji
Drs. Yeheskial Nggandung, M.Si - 1963027 199003 1 002 - Penguji 1
Fernando Saragih, M.Pd. - 199407232020121009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 Met P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA