Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Keaktifan Dalam Proses Perkuliahan Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Keaktifan Dalam Proses Perkuliahan Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran rasa percaya diri mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling Undana (2) gambaran keaktifan dalam proses perkuliahan mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling Undana (3) gambaran pengaruh rasa percaya diri terhadap keaktifan dalam proses perkuliahan pada mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling Undana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Lokasi penelitian ini di Kampus B Universitas Nusa Cendana Kupang dengan lama penelitian ± 1 bulan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling semester 2 dan 4 dengan jumlah 235 mahasiswa dan yang dijadikan sampel adalah 30% dari jumlah mahasiswa semester 2 dan 4 yaitu 68 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik Proportionate Startified Random Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket dengan uji validitas menggunakan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini meliputi : (1) gambaran rasa percaya diri mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling dalam kategori sangat percaya diri 21 %, kategori percaya diri 79 %, kategori tidak percaya diri dan sangat tidak percaya diri 0 %. (2) keaktifan dalam proses perkuliahan mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling dalam kategori sangat aktif 7,4 %, kategori aktif 85,2 %, kategori tidak aktif 7,4 % dan kategori sangat tidak aktif 0 %. (3) hasil uji pengaruh rasa percaya diri terhadap keaktifan mahasiswa menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara rasa percaya diri terhadap keaktifan dalam proses perkuliahan pada mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling Undana. Hal ini ditunjukan dengan nilai F hitung 5,351 > F tabel 3,96 dengan koefisien determinasi sebesar 0,075 yang berati bahwa rasa percaya diri memberi pengaruh terhadap keaktifan mahasiswa sebesar 7,5 % dan 92,5 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian seperti faktor sikap, motivasi dan lingkungan sosial.


Detail Information

Item Type
Penulis
Rambulan Bin Ishak Toya - Personal Name
Student ID
1701160032
Dosen Pembimbing
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Dosen Pembimbing 1
M.D. Pua Upa - 196101131986011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Ketua Penguji
M.D. Pua Upa - 196101131986011001 - Penguji 1
Uda Geradus - 195812311986031021 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan dan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Toy P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA