ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SEKOLAH DASAR INPRES PERUMNAS I KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SEKOLAH DASAR INPRES PERUMNAS I KOTA KUPANG

XML

Yuliana Salomi Aleng, (2023), program studi PGSD FKIP Undana, Skripsi Judul “Analisis Pendidikan Karakter siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas III di Sekolah Dasar Inpres Perumnas 1 Kota Kupang” (Dra. Juliana M. H. Nenohai, M.Pd sebagai pembimbing I dan Adam Bol N. Benu, S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing II) Pendidikan merupakan dasar pijakan yang tepat dalam membangun masyarakat yang mandiri dengan penerapan nilai-niai pancasila. Peran pendidikan juga sangat membantu dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, tangguh, dan berkarakter. Salah satu cara untuk menghasilkan generasi yang baik adalah dengan menerapkan pendidikan karakter pada siswa/I dalam proses pembelajaran yang dilakukan baik didalam kelas maupun diluar kelas. Nilai-nilai karakter dapat ditanamkan pada siswa berasal dari setiap materi pelajaran yang diajarkan, baik mata pelajaran agama maupun pelajaran umum, salah satu pelajaran yang banyak mengandung nilai-nilai karakter adalah mata pelajaran matematika. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana pendidikan karakter pada sikap spiritual dan sikap sosial dalam pembelajaran matematika kelas III di SD Inpres Perumnas I Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter pada sikap spiritual dan sikap sosial dalam pembelajaran matematika kelas III. Jenis penelitian yang digunakan adalah kulitatif deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika pada sikap spiritual dan sikap sosial. Nilai-nilai karakter tersebut ditanamkan dan dibentuk pada siswa di SD Inpres Perumnas I Kota Kupang dalam pembelajaran matematika melalui kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran matematika, seperti pada sikap spritual 1) religius yaitu memulai pembelajaran dan mengakiri pembelajaran dengan berdoa, 2) Jujur yaitu, siswa tidak mencontek kepada temannya saat mengejakan tugas di sekolah maupun tugas rumah, 3) komunikatif yaitu, guru dan
siswa slelalu berkomunikasi dengan baik. Pada sikap sosial, 1) disiplin yaitu mematuhi tata tertib didalam kelas, 2) kerja keras yaitu menyelesaian tugas tepat waktu, 3) mandiri yaitu dalam menyelesaikan sendiri tugas yang diberikan, 4) tanggungjawab yaitu berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, 5) rasa ingin tahu yaitu dalam tanya jawab pada kegiatan apersepsi.
Kata kunci : Pendidikan karakter, Pembelajaran Matematika


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yuliana Salomi Aleng - Personal Name
Student ID
1901140058
Dosen Pembimbing
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Ketua Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 ALE A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA