Efektifitas Pembangunan Infrastruktur Jalan Aspal Dan Saluran Irigasi Dalam Meningkatkan Produksi Pertanian Masyarakat Di Kabupaten Malaka (Studi pada Kecamatan Malaka Barat)

Detail Cantuman

Tesis

Efektifitas Pembangunan Infrastruktur Jalan Aspal Dan Saluran Irigasi Dalam Meningkatkan Produksi Pertanian Masyarakat Di Kabupaten Malaka (Studi pada Kecamatan Malaka Barat)

XML

Pembangunan merupakan suatu kenyataan fisik sekaligus tekad Pemerintah dan masyarakat untuk berupaya melalui serangkaian kombinasi proses sosial, ekonomi, dan institusional demi mencapai kehidupan yang lebih baik. Pembangunan suatu wilayah akan terlihat apabila didukung oleh infrastruktur yang memadai. dalam penelitian ini peneliti hanya meneliti tentang infrastruktur Jalan Aspal dan saluran irigasi di Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka dalam meningkatkan produksi ekonomi dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Efektifitas pembangunan infrastruktur Jalan Aspal dan Saluran Irigasi dalam meningkatkan produksi pertanian masyarakat di Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka.
Teori yang dipakai menjadi landasan peneliti dalam penelitian ini adalah teori pengukuran efektifitas menurut Sutrisno (2007: 125-126) dimana dalam mengukur efektivitas suatu kegiatan, aktifitas, program atau proyek pembangunan perlu diperhatikan lima (5) indikator, yaitu: Pemahaman program, Tepat Sasaran, Tepat Waktu, Tercapainya Tujuan, dan Perubahan Nyata. Dalam penelitian ini hanya menggunakan 4 indikator sedangkan indikator perubahan nyata tidak di gunakan.
Penelitian ini bersifat kualitatif. Informan yang dipilih secara Purposive sebanyak 25 orang. Hasil temuan pembangunan infrastruktur jalan aspal belum tepat sasaran karena lebih focus pada akses transportasi lintas kabupaten saja sehingga belum menyentuh perkampungan warga sedangkan untuk infrastruktur saluran irigasi sudah tepat sasaran hanya saja masih belum ditopang oleh akses jalan yang baik sehingga petani kewalahan dalam memindahkan hasil produksi pertanian mereka. Untuk indicator perubahan nyata, yang terlihat adalah sudah ada beberapa warga yang membuka usaha kecil di sepanjang jalan aspal dan hasil produksi pertanian warga pun semakin meningkat.
Kesimpulan penelitian ini adalah infrastruktur jalan aspal belum menyentuh semua warga desa dan lahan pertanian sehingga akses transportasi dari dan menuju persawahan menjadi sulit hal ini masih menjadi kendala bagi petani dalam memindahkan hasil panen mereka. Selain itu kehadiran infrastruktur jalan aspal telah mampu membuka minat warga untuk membuka usaha disepanjang jalan aspal tersebut. Saran dari peneliti adalah pembangunan infrastruktur haruslah sesuai dengan kebutuhan warga agar oleh sebagian besar warga.
Kata kunci: Efektifitas, Pembangunan, Infrastruktur, Produksi, Pertanian.


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Alfonsius Seran - Personal Name
Student ID
1811020036
Dosen Pembimbing
PETRUS KASE - 196208091988031002 - Dosen Pembimbing 1
PETRUS EMANUEL DE ROZARI - 196307031989011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Kase - 196208091988031002 - Ketua Penguji
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Penguji 1
Nursalam - 196410091991031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63101
Edisi
Published
Departement
PPS Ilmu Administrasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
631.01 Ser E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA