PERANAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI BUDAYA ESA TULU FALI ESA (BUDAYA GOTONG ROYONG) BAGI ANAK USIA REMAJA DI DESA PILASUE KECAMATAN ROTE SELATAN KABUPATEN ROTE NDAO

Detail Cantuman

Skripsi

PERANAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI BUDAYA ESA TULU FALI ESA (BUDAYA GOTONG ROYONG) BAGI ANAK USIA REMAJA DI DESA PILASUE KECAMATAN ROTE SELATAN KABUPATEN ROTE NDAO

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan keluarga dalam menanamkan nilai budaya Esa Tulu Fali Esa (budaya gotong royong) bagi anak usia remaja di Desa Pilasue Kecamatan Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao dan untuk mendeskripsikan kendala yang dialami oleh keluarga dalam menanamkan nilai budaya Esa Tulu Fali Esa (budaya gotong royong) bagi anak usia remaja di Desa Pilasue Kecamatan Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari informan melalui wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari data Desa.Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ialah : Maneleo (Ketua Adat), tokoh masyarakat, perwakilan keluarga dan pemerintah (Kepala Desa Pilasue).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya Esa Tulu Fali Esa (budaya gotong royong) di Desa Pilasue Kecamatan Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao sudah mulai memudar dan menurun untuk itu perlunya peranan dari keluarga adalah sebagai pendidik, sebagai pembimbing dan sebagai pembiasaan untuk anak-anak. Dalam pelaksanaan budaya Esa Tulu Fali Esa (budaya gotong royong) terdapat nilai-nilai yang terkandung yaitu : nilai Tulu Fali (tolong-menolong), nilai rela berkorban, nilai kebersamaan, nilai persatuan dan kekeluargaan. Sedangkan kendala yang dialami oleh keluarga dalam menanamkan nilai budaya Esa Tulu Fali Esa (budaya gotong royong) bagi anak usia remaja adalah perkembangan zaman dan kurangnya kesadaran dari anak-anak remaja terhadap nilai budaya Esa Tulu Fali Esa (budaya gotong royong).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Itron Johanis Lette - Personal Name
Student ID
2001070115
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Meryana M. Doko - 9908419686 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1
Meryana M. Doko - 9908419686 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Tte P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA