Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FISIKA USAHA DAN ENERGI KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 1 TAKARI
XMLPenelitian ini merupakan jenis penelitian PTK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Takari pada materi usaha dan energi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus 1 dan siklus 2 dengan menerapkan model PBL pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Takari, kemampuan mereka dalam berpikir mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan pada skor rata-rata yang diperoleh pada tiap siklus dimana pada siklus 1 indikator satu diperoleh hasil 90,9%,dengan ketuntasan klasikal sebesar 93,33%, pada indikator dua diperoleh hasil 87%, dengan ketuntasan klasikal sebesar 90%, pada indikator tiga diperoleh hasil 69,1%, dengan ketuntasan klasikal sebesar 53,33%, dan indikator empat diperoleh hasil 69,13%, dengan ketuntasan klasikal sebesar 66,66%. Pada siklus 1 ini terdapat dua indikator yang belum memenuhi standar ketuntasan sehingga dilakukan siklus 2 dengan hasilnya yaitu pada indikator tiga diperoleh hasil 84,3%, dan indikator empat diperoleh hasil 83,43%.
Kata Kunci: kemampuan berpikir, model pembelajaran PBL
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
AGNESIA HOAR SERAN - Personal Name
|
Student ID |
1901050080
|
Dosen Pembimbing |
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Nikodemus U. J. Hauwali, S.Si., M.Si - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. I Wayan Sukarjita, S.Pd., M.Si. - 19680715 199403 1 002 - Ketua Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 1 Nikodemus U. J. Hauwali, S.Si., M.Si - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Ser P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |