Evaluasi Kinerja Dan Strategi Pengembangan Terminal Bus (Studi Kasus: Terminal Haumeni, Kota Soe, Kabupaten TTS)

Detail Cantuman

Skripsi

Evaluasi Kinerja Dan Strategi Pengembangan Terminal Bus (Studi Kasus: Terminal Haumeni, Kota Soe, Kabupaten TTS)

XML

Terminal merupakan salah satu sarana transportasi yang masih sangat dibutuhkan untuk membantu mobilitas masyarakat. Keberadaan terminal sangat berperan penting dalam menentukan tingkat kinerja dari pelayanan angkutan umum dalam suatu wilayah maka keberadaan terminal perlu direncanakan dengan baik agar dapat mengefektifkan dan mengoptimalkan kinerja dari terminal. Evaluasi kinerja dan strategi pengembangan Terminal Haumeni Kota Soe dilakukan karena kinerja terminal masih sangat kurang dikarenakan angkutan umum lebih banyak melakukan aktivitasnya di luar terminal serta fasilitas penunjang terminal yang tidak tersedia dan sejumlah permasalahan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan fasilitas pelayanan di Terminal Haumeni sesuai dengan Standar Pelayanan Terminal, mengetahui kinerja yang ada di Terminal Haumeni saat ini, mengetahui kinerja terminal berdasarkan persepsi masyarakat pengguna jasa terminal (pengemudi dan penumpang), dan mengetahui strategi pengembangan Terminal Haumeni.
Berdasarkan hasil analisa penelitian didapatkan bahwa untuk analisis ketersediaan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor : PM 40 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Terminal Angkutan Jalan dengan uji binomial yang dimana berdasarkan pengujian tersebut terbukti bahwa ketersediaan fasilitas pelayanan di Terminal Haumeni sangatlah kurang dengan persentase tidak tersedianya fasilitas pelayanan adalah sebesar 68%. Dari hasil analisis terhadap kinerja terminal, diperoleh sirkulasi dalam terminal antara pengelola terminal dan pengunjung terminal masih memiliki permasalahan dalam pola pergerakan yang tidak sesuai dengan Standar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan, untuk fasilitas utama di Terminal Haumeni sudah memenuhi standar KM. Perhubungan No 31 tahun 1995 dan untuk fasilitas penunjang belum memenuhi standar karena masih kurang 4 fasilitas penunjang, kinerja operasional dimana diketahui waktu headway antara kendaraan adalah 8 menit dan waktu tunggu untuk penumpang adalah 4 menit. Pola parkir yang digunakan di terminal yaitu pola parkir menyudut yang memiliki sudut 45⁰ dan paralel yang memiliki sudut 90⁰. Berdasarkan persepsi pengguna jasa dengan metode deskriptif kuantitatif dan PLS-SEM, ditinjau dari beberapa aspek seperti aspek kepuasan, aspek fasilitas, aspek lokasi, dan aspek keamanan diketahui bahwa aspek yang paling tertinggi adalah aspek lokasi dan keamanan sedangkan yang paling rendah adalah aspek fasilitas dan setiap aspek saling berpengaruh. Berdasarkan hasil analisis SWOT berdasarkan tinjauan faktor internal dan faktor eksternal diketahui hasil analisis positioning kuadran SWOT diketahui bahwa analisis strategi yang akan digunakan berada pada kuadran I, dimana kuadran I mendukung pemelihan strategi agresif dengan memanfaatkan faktor kekuatan (strength) dan peluang (opportunity) yang ada pada Terminal Haumeni.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Anita Ifanny Bria - Personal Name
Student ID
1806010052
Dosen Pembimbing
John H. Frans - 197506022001121002 - Dosen Pembimbing 1
TRI MARDIYATI W SIR - 197905062006042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andi Kumalawati - 196310301994122001 - Ketua Penguji
John H. Frans, ST, MT - 197506022001121002 - Penguji 1
Tri Mardiyati W Sir - 197905062006042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 Bri E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA