PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN I PESERTA DIDIK KELAS V DI SD INPRES OEPOI

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN I PESERTA DIDIK KELAS V DI SD INPRES OEPOI

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di SD
Inpres Oepoi Kupang tentang materi perubahan sifat benda padat, cair dan gas dalam kehidupan sehari-hari melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Subyek
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres Oepoi Kupang yang berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 18 peserta didik laki-laki dan 7 orang peserta didik perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar peserta didik serta penggunaan lembar observasi untuk mencatat aktivitas peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Untuk
memecahkan masalah yang ada maka penulis menerapkan model Problem Based Learning sebagai model pembelajaran. Data-data yang dikumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Menerapkan model Problem Based Learning (PBL) terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kinerja guru pada siklus I yaitu 65 % (B) dan meningkat lagi pada siklus II yaitu, 93,3 % (BS). Keaktifan peserta didik pada siklus I 59,1 % (B). dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 87,8 % (BS). Perolehan hasil tes juga mengalami peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I hasil tes perolehan nilai ketuntasan belajar klasikal 56 % (C) dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II (BS) dengan ketuntasan belajar klasikal 91,4 % berarti sudah mencapai indikator yang ditentukan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam materi Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 peserta didik kelas V di SD Inpres Oepoi Kupang.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Natalia Lay - Personal Name
Student ID
1901140247
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 LAY P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA