Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 DI KELAS V SD NEGERI OEBOBO 1 KOTA KUPANG
XMLPembelajaran 1 Di Kelas V SDNegeri Oebobo 1 Kota Kupang Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dibimbing oleh Antonius Suban Hali dan Netty E. A Nawa. Latar belakang penelitian ini adalah pemahaman siswa pada pembelajaran tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 masih sangat rendah. Hal ini dikarenakan guru masih mengajar secara konvensional atau pembelajaran hanya berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan model pembelajaran Problem Based Intruction terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu Quasi Experimental Design. Subjek penelitian yang digunakan yaitu terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol siswa kelas V SD Negeri Oebobo 1 Kota Kupang, tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil antar model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Problem Based Instruction. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil posttest kelas VA (kelas kontrol) memiliki nilai rata-rata 73,1 dan standar deviasi 18,539 sedangkan hasil posttest kelas VB (kelas eksperimen) memiliki nilai rata-rata 79,05 dan standar deviasi 15,380. Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar pada pembelajaran tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 pada siswa kelas V SD Negeri Oebobo 1 Kota Kupang.
Kata Kunci: Problem Based Instruction, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Marlen Kiak - Personal Name
|
Student ID |
1901140306
|
Dosen Pembimbing |
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 1 Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 KIA P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |