Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Ponu Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2022

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Ponu Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2022

XML

Mutu pelayanan merupakan salah satu unsur yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien selama menjalani pelayanan kesehatan di Puskesmas. Berdasarkan hasil wawancara terhadap 5 orang pasien rawat inap di Puskesmas Ponu, diketahu adanya ketidakpuasan terhadap layanan. Ketidakpuasan ini menunjukan indikasi rendahnya mutu pelayanan Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Ponu Kabupaten Timor Tengah Utara tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional study. Sampel penelitian ini berjumlah 51 pasien rawat inap yang diperoleh melalui simple random sampling dengan metode probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien sebanyak 30 item. Analisis data yang dilakukan adalah bivariat menggunakan uji statistik chi square. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan antara mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien. Nilai p value dimensi tangible 0,01 (<0,05), reliability nilai p value 0,01 (<0,05), responsiveness nilai p value 0,00 (<0,05), assurance nilai p value 0,01 (<0,05), dan empathy nilai p value 0,01 (<0,05). Aspek-aspek yang tidak memuaskan pasien antara lain tidak tersedianya ruang tunggu yang cukup bagi keluarga pasien, dokter tidak selalu ada sesuai jadwal kerja dan tidak tepat waktu sesuai dengan yang dijanjikan serta tidak ada penjelasan rinci tentang penyakit yang pasien derita. Diharapkan Puskesmas memperluas ruang tunggu keluarga pasien, memberikan pelayanan sesuai dengan waktu yang dijanjikan, sehingga pasien tidak menunggu lama akibat penundaan waktu pelayanan, serta menanyakan lebih spesifik apa yang pasien rasakan untuk tindakan penanganan sesuai dengan yang pasien harapkan.
Kata kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rawat Inap


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1907010003
Dosen Pembimbing
KENJAM YOSEPH - 195902271986011001 - Dosen Pembimbing 1
YUDISHINTA MISSA - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kenjam Yoseph - 195902271986011001 - Ketua Penguji
YUDISHINTA MISSA - - Penguji 1
Muntasir - 197008162000121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01 MAN H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA