PENERAPAN MODEL INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (LINGKARAN DALAM- LUAR) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 1 ALOR BARAT DAYA KELAS X IPS 1

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (LINGKARAN DALAM- LUAR) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 1 ALOR BARAT DAYA KELAS X IPS 1

XML

Pelajaran sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia yangberpengaruh pada masa sekarang dan masa yang akan datang. pelajaran yang sangat penting untuk dapat dikuasai oleh siswa. Maka sudah selayaknya dalam pembelajarannya mendapatkan perhatian dalam peningkatan kualitas pembelajaran sejarah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar sejarah siswadengan menerapkan model inside outside circle. Metode penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) disalah satu SMA Negeri 1 Alor Barat Daya dengan siswa yangberjumlah 36 orang siswa. Penelitian terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan lembar pengamatan secara deskriptif kualitatif, Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil observasi dan hasil analisis nilai siswa sebelum penelitian menerapkan model pembelajaran Inside – Outside Circle dari 36 siswa, terdapat 8 siswa yang nilainya tuntas atau mencapai KKM dengan presentase (22,21%) sedangkan 28 siswa yang belum mencapai standar KKM dengan presentase (77,78%). Test pada siklus I terdapat 15 siswa yang tuntas dengan presentase (41,66%). Ketuntasan belajar secara klasikal terjadi apabila nilai lebih dari jumlah siswa kelas X IPS SMA Neger 1 Alor Barat Daya telah tuntas atau yang mencapai KKM >75. Dari hasil refleksi pada siklus I, ketuntasan belajar klasikal belum tercapai. Sehingga, peneliti melanjutkan ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis diketahui dari 36 siswa yang mengikuti evaluasi test, terdapat 33siswa yang tuntas atau telah mencapai standar KKM dengan presentase ketuntasan (91,66%). Dari hasil tersebut peneliti menyatakan penelitian tindakan kelas dihentikan karena target ketuntasan telah tercapai dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaraninside outside circle dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas X IPS SMA.
Kata Kunci : Belajar, Model Inside Outside Circle,


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Mariyana Likfani - Personal Name
Student ID
1901090088
Dosen Pembimbing
Susilo S. Utomo, S.Pd, M.Pd - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 1
I GedeW.Wisnuwardana,S.Pd,M.Pd - 198610292019031008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Delsy A.Dethan, S.Pd,M.Pd - 198212192014042001 - Ketua Penguji
Susilo S. Utomo, S.Pd, M.Pd - 198906242014041001 - Penguji 1
I GedeW.Wisnuwardana,S.Pd,M.Pd - 198610292019031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Lik P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA