Pemberdayaan Pemuda Putus Sekolah Melalui Pelatihan Keterampilan Tenun Ikat Di Sanggar Doka Tawa Tana Kabupaten Sikka

Detail Cantuman

Skripsi

Pemberdayaan Pemuda Putus Sekolah Melalui Pelatihan Keterampilan Tenun Ikat Di Sanggar Doka Tawa Tana Kabupaten Sikka

XML

Pemuda Putus Sekolah memerlukan pemberdayaan. Dampak dari Pemuda tidak melanjutkan pendidikan adalah pengangguran, kurangnya keterampilan dan perlakuan yang merugikan seperti penggunaan narkoba. Pemuda Putus Sekolah juga memungkinkan lebih rendah untuk mendapatkan pekerjaan yang stabil dan menghasilkan pendapatan yang memadai. Tujuan penenlitian ini ialah untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan Pemuda Putus Sekolah melalui pelatihan keterampilan tenun ikat di Sanggar Doka Tawa Tana dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Dalam melakukan penelitian kualitatif desktiptif ada 5 (lima) informan sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, pengujian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pemberdayaan Pemuda Putus Sekolah melalui pelatihan keterampilan tenun ikat di Sanggar Doka Tawa Tana terdiri dari 3 (tiga) tahapan yaitu: 1) tahap penyadaran dan pembentukan perilaku, 2) tahap transformasi kemampuan berupa pengetahuan dan kecakapan keterampilan dan 3) tahap peningkatan kemampuan intelektual dan keterampilan untuk mencapai kemandirian. Hasilnya yaitu dimana Pemuda Putus Sekolah mendapatkan motivasi yang dapat merubah hidup mereka, bertambahnya keterampilan dalam bidang tenun ikat, terbentuknya tindakan inisiatif dalam proses mendapatkan pengetahuan dan kecakapan keterampilan, terbukanya peluang usaha, serta meningkatnya kemandirian peserta dan juga keberhasilan dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan membuat sarung dan meningkatkan kesejahtraan keluarga.

Kata Kunci: Pemberdayaan, Pemuda, Putus sekolah, Pelatihan keterampilan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA YESICHA DUA LENA - Personal Name
Student ID
1901170051
Dosen Pembimbing
Samrid Neonufa - - Dosen Pembimbing 1
Frans K. Selly - 0809028701 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Stofiani S. Lima - 1988010220032006 - Ketua Penguji
Samrid Neonufa - - Penguji 1
Frans K. Selly - 0809028701 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 LEN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA