Skripsi
CAMPUR KODE TUTURAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP NEGERI 1 KUPANG TIMUR
XMLPenelitian ini mengangkat masalah bentuk campur kode dan faktor penyebab terjadinya campur kode pada tuturan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IX SMP Negeri 1 Kupang Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab terjadinya campur kode pada tuturan guru di kelas pada saat pembelajaran bahasa Indonesia. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah ini adalah Teori Sosiolinguistik. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan menyimak. Data yang disimak tersebut diperoleh dari alat bantu rekaman maupun catatan saat penelitian dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa bentuk campur kode pada tuturan guru dibagi menjadi empat tataran, yakni 1) kata; 2) frasa; 3) klausa; dan 4) kalimat. Selanjutnya faktor penyebab terjadinya campur kode pada tuturan guru dibagi menjadi empat faktor, yakni: 1) faktor kebiasaan; 2) ingin menjelaskan sesuatu; 3) faktor situasi; dan 4) ingin terjalinnya keakraban antara guru dan siswa.
Kata kunci: Campur kode, tuturan guru, sosiolinguistik
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Raeny Adelia Tameno - Personal Name
|
Student ID |
2001010072
|
Dosen Pembimbing |
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
I Nyoman Reteq - 196001081986011002 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1 Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
88201 TAM C
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |