Analisis Pemasaran Kentang Di Desa Fatuulan Kecamatan Ki’e Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Pemasaran Kentang Di Desa Fatuulan Kecamatan Ki’e Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Penelitian ini telah dilaksanakan di Desa Fatuulan Kecamatan Kie Kabupaten Timor Tengah Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) saluran pemasaran kentang, (2) besar biaya, margin pemasaran, keuntungan pemasaran dan farmer’s share. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan september – sampai selesai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jumlah sampel sebanyak 23 responden. Penentuan sampel secara acak sederhana atau simple random sampling dan penentuan lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan responden berdasarkan daftar pertanyaan yang telah disiapkan dan data sekunder diperoleh dari kantor desa, Badan Pusat Statistik, sumber kepustakaan dan internet. Saluran pemasaran kentang, besar biaya, margin pemasaran, keuntungan pemasaran dan farmer’s share dianalisis secara kualitatif dan deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pola saluran pemasaran yaitu petani – konsumen, petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen, dan petani – pedagang pengecer – konsumen, (2) saluran pertama petani menjual kentang Rp.10.000/kg dengan mengeluarkan biaya rata-rata pemasaran sebesar Rp.193/kg, dan menerima keuntungan Rp. 9.808/kg, Nilai share yang diterima petani pada saluran pertama yaitu 100%. saluran kedua petani menjual kentang Rp.7.000/Kg, dengan Fhamer’s Share sebesar Rp.46,67%, margin pemasaran antara petani dan pedagang pengumpul Rp. 5.000. Sedangkan pada saluran ketiga petani menjual kentang kepedagang pengecer Rp.12.500/kg, pedagang pengecer menjual ke konsumen akhir dengan harga Rp.15.000/Kg. Pada saluran ini biaya yang dikeluarkan pedagang pengecer sebesar 213/kg, keuntungan yang diterima oleh pedagang pengecer sebesar Rp.14.688/kg. dengan Fhamer’s Share pada petani Rp. 83,33 %.
Kata kunci : kentang, pemasaran, marjin, biaya, keuntungan, farmer’s share.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DARMOS NATONIS - Personal Name
Student ID
1704020345
Dosen Pembimbing
Maximilian M. J. Kapa - 195807141984031003 - Dosen Pembimbing 1
MARIA BANO - 19610815 198901 2 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maximilian M.J. Kapa - 19580714 198403 1 003 - Ketua Penguji
MARIA BANO - 19610815 198901 2 001 - Penguji 1
Marthen R Pellokila - 19650317 198903 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Agribisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.01 NAT A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA