Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 9 KOTA KUPANG
XMLTujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di UPTD SMP Negeri 9 Kota Kupang. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII UPTD SMP Negeri 9 Kota Kupang tahun ajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 215 siswa, sedangkan objek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B berjumlah 60 siswa yang diperoleh dengan teknik Pretest-posttest control group Design. Instrumen yang digunakan adalah butir soal pre-test dan post-test nilai hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data thitung > ttabel (4,127>1,6715) dengan nilai signifikansi lebih kecil 0,05 (0,001<0,05). Dan terdapat perbedaan nilai kelas eksperimen sebesar 83,40 dan kelas kontrol 76,13. Sehingga bisa dikatakan hipotesis alternatif diajukan diterima yaitu model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di UPTD SMP Negeri 9 Kota Kupang.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DOROTHEA EFESELA - Personal Name
|
Student ID |
1901080140
|
Dosen Pembimbing |
Yeheskial Nggandung - 19630127199031002 - Dosen Pembimbing 1
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Markus Umbu K. Yewang, MM - - Ketua Penguji
Drs. Yeheskial Nggandung, M.Si - 1963027 199003 1 002 - Penguji 1 Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 Efe. P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |