Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Inpres Oelamopu Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Inpres Oelamopu Kabupaten Kupang

XML

Tujuan Penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numberd head together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Oelamopu Kabupaten Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design, dengan pola pelaksanaan penelitian ini adalah The Nonequivalent Countrol Group Design. Desain ini, baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dibandingkan. Dua kelompok yang ada diberi pretest, kemudian diberikan perlakuan, dan terakhir diberikan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi Organ Pencernaan pada Hewan Ruminansia dan Fungsinya yaitu nilai pretest pada kelas eksperimen 66,43 dan kelas kontrol 64,64, posttest kelas eksperimen 89,64 dan kelas kontrol 76,07 dan hasil uji hipotesis dimana > yaitu =5,70 dan = 1,70 dengan membandingkan kedua nilai tersebut bahwa > yaitu 5,70>1,70 dengan demikian hipotesis ditrima, hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Oelamopu Kabupaten Kupang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Hasil Belajar IPA


Detail Information

Item Type
Penulis
Sintika Antoneta Baha - Personal Name
Student ID
1601140104
Dosen Pembimbing
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bah P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA