Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Unit Poli Umum Puskesmas Bolou Kecamatan Sabu Timur Tahun 2023

Detail Cantuman

Skripsi

Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Unit Poli Umum Puskesmas Bolou Kecamatan Sabu Timur Tahun 2023

XML

Kepuasan pasien dapat menciptakan loyalitas pasien terhadap puskesmas yang memberikan kualitas layanan yang memuaskan. Salah satu indikator kualitas layanan kesehatan yaitu dengan menghitung tingkat kepuasan pasien. Jumlah kunjungan pasien rawat jalan di Puskesmas Bolou tahun 2020 sebanyak 6.477 pasien, tahun 2021 sebanyak 3.571, tahun 2022 sebanyak 1.834 dan tahun 2023 sebanyak 3.970. Proporsi tingkat kepuasan pasien rawat jalan di unit poli umum terjadi penurunan setiap tahun yaitu pada tahun 2021 sebesar 42%, pada tahun 2022 sebesar 35% dan pada tahun 2023 sebesar 27%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien rawat jalan di poli umum Puskesmas Bolou yang meliputi dimensi tangible, dimensi reliability, dimensi responsiveness, dimensi assurance, dan dimensi emphaty. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif dimana penelitian ini dilakukan untuk membuat gambaran tentang suatu objek. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pasien orang dewasa rawat jalan di poli umum pada tahun 2023 yang berjumlah 3.970 pasien. Sampel yang digunakan yaitu teknik accidental sampling berjumlah 94 sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah alat ukur kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan aspek tangible dengan paling banyak menyatakan puas (70,2%), aspek reliability dengan paling banyak menyatakan puas (58,5%), aspek responsiveness dengan paling banyak menyatakan kurang puas (52,1%), aspek assurance dengan paling banyak menyatakan puas (52,1%), aspek empahty dengan paling banyak menyatakan puas (53,2%). Dari hasil penelitian ini diharapkan adanya evaluasi untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan rawat jalan seperti memperhatikan kelengkapan alat kesehatan dan penyampaian infomasi yang jelas di Puskesmas khususnya pelayanan di Poli Umum.
Kata kunci : Kepuasan Pasien, Rawat Jalan, Pelayanan, Poli Umum


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
HENI BANGNGU DIMU - Personal Name
Student ID
1907010269
Dosen Pembimbing
RINA WATY SIRAIT - 198008202005012002 - Dosen Pembimbing 1
TADEUS ANDREAS LADA REGALETHA - 197609132003121003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rina Waty Sirait - 198008202005012002 - Ketua Penguji
Tadeus A. L. Regaletha - 19760913 2003121003 - Penguji 1
Serlie K A Littik - 197709232006042002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01 DIM T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA