Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Naioni Kota Kupang Tahun 2023

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Naioni Kota Kupang Tahun 2023

XML

Mutu pelayanan kesehatan adalah pelayanan yang diberikan secara efektif dan efisien yang berfokus kepada kebutuhan dan harapan pasien serta diberikan sesuai dengan kode etik, standar pelayanan kesehatan, perkembangan ilmu pengetahuan sehingga derajat kesehatan dapat tercapai dengan optimal. Berdasarkan hasil observasi ditemukan beberapa penyebab yang menimbulkan ketidakpuasan dari pasien di Puskesmas Naioni yaitu alur pelayanan yang tidak diketahui secara jelas, kurangnya tempat duduk pada ruang tunggu, loket pendaftaran yang dibuka tidak tepat waktu sehingga menyebabkan pasien harus menunggu lama dan keterlambatan petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada pasien yang datang berobat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Naioni tahun 2023. Jenis penelitian ini survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 94 orang yang diperoleh dengan teknik accidental sampling. Hasil uji statistik menunjukkan adanya hubungan antara kehandalan (p=0,000), jaminan (p=0,000), bukti fisik (p=0,000), empati (p=0,000), daya tanggap (p=0,000) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Naioni tahun 2023. Disarankan agar pihak Puskesmas Naioni lebih meningkatkan mutu pelayanan yang diberikan seperti kesiapan petugas kesehatan dalam melayani pasien yang datang berobat, sikap petugas kesehatan dalam melayani pasien yang memberikan rasa nyaman serta lingkungan Puskesmas Naioni yang aman, penambahan jumlah kursi di ruang tunggu, loket pendaftaran dan kamar mandi yang harus dijaga kebersihannya serta tenaga kesehatan lebih cepat tanggap dalam memberikan pelayanan, sehingga dapat mewujudkan kepuasan dari pasien yang datang berkunjung.

Kata Kunci : dimensi mutu, kepuasan pasien, rawat jalan, Puskesmas Naioni.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YEYEN MAGDALENA WADU - Personal Name
Student ID
1807010072
Dosen Pembimbing
RINA WATY SIRAIT - 198008202005012002 - Dosen Pembimbing 1
TADEUS ANDREAS LADA REGALETHA - 197609132003121003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rina Waty Sirait - 198008202005012002 - Ketua Penguji
Tadeus A. L. Regaletha - 19760913 2003121003 - Penguji 1
Masrida Sinaga - 197706162001122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01 WAD H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA