Dampak Kebijakan Perijinan Alfamart Terhadap Kelangsungan Usaha Retail Masyarakat (Kios) Di Kota Kupang (Studi Kasus Pada Usaha Retail Masyarakat (Kios) Di Kelurahan Oesapa)

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Kebijakan Perijinan Alfamart Terhadap Kelangsungan Usaha Retail Masyarakat (Kios) Di Kota Kupang (Studi Kasus Pada Usaha Retail Masyarakat (Kios) Di Kelurahan Oesapa)

XML

Sebagai tempat berbelanja, toko kecil merupakan salah satu tempat usaha kebutuhan barang pokok yang diminati banyak orang, karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari rumah dan sangat menguntungkan bagi para pemilik toko. Hasil yang mencukupi untuk kebutuhan hidup para pemilik membuat kualitas usaha toko kecil banyak diminati orang sebagai salah satu usaha rumahan. Namun di era moderen ini, usaha retail masyarakat mulai tersingkirkan oleh toko-toko modern yang lebih besar. Keberadaan toko-toko modern membuat toko kecil banyak kehilangan pelanggan-pelanggannya. Keterbatasan yang dimiliki , usaha retail masyarakat, tidak memungkinkan untuk bisa bersaing secara baik dengan toko yang lebih besar. Saat ini begitu banyak bermunculan toko-toko modern, salah satunya adalah Alfamart.Alfamart disatu sisi mempunyai pengaruh yang baik, karena adanya perkembangan ekonomi yang memadai dengan menumbuhkan investasi, tetapi di lain sisi bisa menimbulkan kelesuhan para pedagang kios-kios kecil di Kota Kupang atau bisa mematikan usaha kios-kios kecil karena keberadaan Alfamart tersebut telah melahirkan kondisi persaingan yang tidak kondusif dan merugikan pedagang kios-kios kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang dampak kebijakan perijinan Alfamart terhadap kelangsungan usaha retail masyarakat (Kios) di Kota Kupang.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian dampak kebijakan perizinan alfamart terhadap usaha ritel adalah sejak diberlakukannya UU Cipta Kerja tentang izin usaha perizinan usaha alfamart bebas dilakukan oleh siapapun yang ingin membuka usaha dan dimanapun hal ini sangat berdampak bagi usaha ritel masyarakat (kios) dampak yang dirasakan masyarakat adalah Berkurangnya Konsumen di Warung Kecil (Kios), Berkurangnya Pendapatan Warung Kecil (Kios, Peluang Terbatas dan Kesulitan Bersaing. Sedangkan Dampak Positif Kebijakan Perijinan Alfamart adalah Membuka Lapangan Kerja, Meningkatkan Level Kehidupan Ekonomi Masyarakat dan Minimarket seperti Alfamart mendukung UMKM dengan memberikan peluang untuk menjual produk-produk mereka.

Kata Kunci : Dampak Kebijakan, Perizinan, Alfamart, Kios Kecil


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ANISTA TEFA - Personal Name
Student ID
2003010080
Dosen Pembimbing
David B.W.Pandie - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
MADE NGURAH DEMI ANDAYANA - 197010292009121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
David B W Pandie - 196112121986011002 - Ketua Penguji
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 1
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 TEF D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA