IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) DI TK BARUNAWATI KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) DI TK BARUNAWATI KUPANG

XML

Implementasi pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics) sangat penting bagi anak usia dini karena dapat mendorong anak untuk berpikir kreatif, meningkatkan kreativitas, serta anak mampu mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di sekitarnya dan menemukan solusinya. Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana gambaran implementasi pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics) di TK Barunawati Kupang, dengan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran implementasi pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics) di TK Barunawati Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan subjek yang diteliti yakni 1 kepala sekolah dan 2 orang guru di TK Barunawati Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah koleksi data/pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengimplementasikan pembelajaran STEAM di TK Barunawati Kupang dilakukan melalui tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan, guru melakukan pembuatan rencana kegiatan pembelajaran STEAM berupa modul ajar, penyiapan media, serta membuat perencanaan penilaian, pada tahapan pelaksanaan pembelajaran STEAM, guru melakukan kegiatan awal, kegiatan apersepsi, kegiatan provokasi, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, pada tahapan evaluasi, guru melakukan evaluasi dengan memberikan refleksi pada kegiatan yang telah dilakukan serta memberikan penilaian terhadap capaian pembelajaran anak terhadap enam aspek perkembangan anak yang dilakukan melalui penilaian: ceklis, anekdot, hasil karya dan foto berseri.
Kata Kunci: Implementasi, STEAM


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Wilhelmina Lidia Nona - Personal Name
Student ID
1901180005
Dosen Pembimbing
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
MARSELINO K. P. ABDI KERAF - 197609112008121004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Engelbertus Nggalu Bali - 199905052019032019 - Ketua Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 1
Marselino K. P. Abdi Keraf - 197609112008121004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.07 Non I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA