Skripsi
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS RIARAJA KECAMATAN ENDE TAHUN 2023
XMLABSTRAK
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS RIARAJA KECAMATAN ENDE. Virena Afiela Beni, Masrida Sinaga, Dominirsep O. Dodo. x + 56 halaman + 7 lampiran Kualitas pelayanan merupakan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang memuaskan pelanggan yang diberikan sesuai dengan standar dan etika profesi. Kepuasan pasien merupakan cerminan dari kualitas pelayanan kesehatan yang mereka terima, kualitas pelayanan kesehatan merujuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat jalan di Puskesmas Riaraja Kecamatan Ende pada tahun 2023 berdasarkan dimensi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Riaraja Kecamatan Ende. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan berusia 17-60 tahun pada bulan Agustus-Oktober tahun 2022 yang berjumlah 1.126 pasien. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu berjumlah 95 sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap dimensi bukti fisik sebesar 73,11% dan dikategorikan puas, dimensi daya tanggap sebesar 71,18% kategori puas, dimensi jaminan sebesar 80,39% kategori puas, dan dimensi empati sebesar 78,67% kategori puas, dimensi keandalan sebesar 65,14% dan dikategorikan kurang puas. Diharapkan pihak puskesmas dapat melakukan perbaikan pelayanan khususnya dimensi keandalan dan peningkatan pada masing-masing indikator. Karena itu, disarankan kepada kepada Puskesmas Riaraja meningkatkan pelayanan pasien dengan tepat waktu dan sesuai jadwal yang ditetapkan, serta mengadakan manajemen jadwal pelayanan petugas agar setiap petugas wajib memulai pekerjaan dengan tepat waktu. Sehingga dapat memberikan pelayanan yang berkualitas serta menciptakan kepuasan pasien selaku pengguna jasa kesehatan di puskesmas. Daftar Pustaka : 33 (2006-2022) Kata Kunci : Kualitas pelayanan rawat jalan, kepuasan pasien
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
VIRENA AFIELA BENI - Personal Name
|
Student ID |
1807010337
|
Dosen Pembimbing |
MASRIDA SINAGA - 197706162001122001 - Dosen Pembimbing 1
DOMINIRSEP OVIDIUS DODO - 198609122008121002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Masrida Sinaga - 197706162001122001 - Ketua Penguji
Dominirsep Ovidius Dodo - 198609122008121002 - Penguji 1 Rina Wati Sirait - 198008202005012002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
13101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Kesehatan Masyarakat
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
132.01 Ben G
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |