Peran Kelompok Tani Dalam Mengembangkan Produksi Jagung, Kacang Hijau Dan Sayur (Jakayur) Di Desa Biris, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka.

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Kelompok Tani Dalam Mengembangkan Produksi Jagung, Kacang Hijau Dan Sayur (Jakayur) Di Desa Biris, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka.

XML

Pertanian adalah suatu kegiatan produksi yang berlandaskan pada proses pertumbuhan dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. Kelompok tani dapat berperan sebagai media belajar, media kerjasama, sebagai unit produksi, Sebagai media belajar diharapkan anggota kelompok dapat saling tukar-menukar pengetahuan dan ketampilan serta pengalamannya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peran kelompok tani dalam mengembangkan produksi jagung, kacang hujau, dan sayur (jakayur) di Desa Biris, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan produksi jagung, kacang hijau dan sayur (jakayur) rendah di lahan pertanian kelompok tani Desa Biris, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam melakukan penelitian kualitatif desktiptif ada 4 (empat) informan sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, pengujian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran kelompok tani dalam mengembangkan usaha tani di Desa Biris antara lain sebagai kelas belajar-mengajar bagi anggota kelompok tani untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan sikap serta tumbuh kembangnya kemandirian dalam usaha tani sehingga meningkatkan produksi, dan meningkatkan pendapatan, sebagai wahana atau unit kerjasama baik antar anggota wadah dimana para petani memperkuat kerjasama sesama petani, pemerintah dan penyuluh, kemitraan usahatani atau konsumen dan masyarakat sekitar untuk meningkatkan produksi dan pendapatan, dan sebagai unit produksi dan unit usaha kelompok tani melakukan penyuluhan dengan bercocok tanam jagung, kacang hijau dan sayur untuk meningkatkan produksi, dan pendapatan.
Kata Kunci: peran, kelompok tani, produksi jagung, kacang hijau dan sayur (jakayur)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SELFRIDA RENITA SERAN - Personal Name
Student ID
1901170016
Dosen Pembimbing
Samrid Neonufa - - Dosen Pembimbing 1
RONGKY FAMDALE - 197604042008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Abdul Syukur - 198410212008121003 - Ketua Penguji
Samrid Neonufa - - Penguji 1
Rongky Famdale - 197604042008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 SER P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA