Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan: Rumah Makan Selera Malam Di Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan: Rumah Makan Selera Malam Di Kota Kupang)

XML

Ramainya bisnis rumah makan di Kota Kupang membuat tingkat persaingan antar rumah makan semakin ketat. Salah satu rumah yang ada adalah rumah makan Selera Malam yang menjadi objek dari penelitian ini. Rumah makan Selera Malam merupakan rumah makan cepat saji dengan menawarkan berbagai menu khas Seafood dan juga lalapan ayam kepada pelanggan.Pelangganakan loyal apa bila nilai yang diterima sesuai dengan harapanya dan sebaliknya pelanggan tidak loyal atau kecewa apabila nilai yang diterima kurang dari harapannya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari Nilai Pelanggan dilihat dari faktor Nilai Emosional, Nilai Sosial, Nilai Kinerja dan Nilai Biaya terhadap Loyalitas Pelanggan pada rumah makan Selera Malam di Kota Kupang.
Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah beberapa faktor nilai pelanggan yaitu (X1) Nilai Emosional, (X2) Nilai Sosial, (X3) Nilai Kinerja dan (X4) Nilai Biaya. Sedangkan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah Loyalitas Pelanggan.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental Sampling, dengan sampel sebesar 100 orang dengan kriteria pelanggan yang pernah menggunakan jasa pada Rumah makan Selera Malam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknis analisis regresi linear berganda. Dari hasil analisis diketahui bahwa aspek Nilai Emosional, Nilai Sosial, Nilai Kinerja dan Nilai biaya
secara signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan baik secara simultan maupun parsial.
Dari hasil analisis juga dapat dibuat persamaan matematisnya: Y=3.634+-0.179X1+0.214X2+0.692X3+0.290X4. Koefisien determinasi yang diperoleh menunjukkan bahwa72,2% tingkat loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh aspek nilai emosional, nilai sosial, nilai kinerja dan nilai biaya. Sedangkan 27,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata kunci :Nilai Emosional, NilaiSosial, Nilai Kinerja, Nilai Biaya dan Loyalitas Pelanggan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1803020177
Dosen Pembimbing
Elly Lay - 196205151989011001 - Dosen Pembimbing 1
Anthonius B. Mesakh - 19620806 198803 1 002 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Elly Lay - 196205151989011001 - Ketua Penguji
Anthonius B Mesakh - 196208061988031002 - Penguji 1
Abas Kasim - 196004141988031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 MAL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA