Inovasi Layanan Publik Berbasis E-Government pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kupang (Studi Terhadap Layanan Informasi Bagi Generasi Milenial Kota Kupang)

Detail Cantuman

Disertasi

Inovasi Layanan Publik Berbasis E-Government pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kupang (Studi Terhadap Layanan Informasi Bagi Generasi Milenial Kota Kupang)

XML

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan menganalisis, dan menginterpretasi penerapan dan pengembangan inovasi layanan informasi publik berbasis e-government dan juga model inovasi layanan informasi berbasis e-government Diskominfo Kota Kupang bagi generasi milenial. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metodekualitatif dengan paradigma interpretif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara mendalam (indept interview), observasi langsung maupun tidak langsung, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif model Miles and Huberman yakni reduksi data (data reduction), data display, dan penrikan kesimpulan Conclusion drawing/ verification.Sampling sumber data dilakukan secara purposive sampling.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan inovasi pada aspek Relative Adventage (keuntungan relatif) yakni informasi dapat diakses dengan mudah dan melindungi masyarakat milenial dari berita palsu atau hoaks.Pada aspek Compability (kesesuaian) yakni inovasi layanan tersebut merupakan inovasi yang baru diterapkan dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat milenial Kota Kupang dalam memperoleh informasi publik.Aspek Complexity (kerumitan) disebabkan oleh kemampuan petugas dalam memberikan layanan sehingga perlu ditingkatkan lagi agar layanan sesuai dengan harapan generasi milenial.Triability (kemungkinan di coba) menunjukan bahwa program layanan informasi berbasis e-government masih sementara dilakukan uji coba kepada pengguna yakni generasi milenial untuk kemudian hasil ujicoba tersebut digunakan sebagai referensi atau perbaikan pada fitur aplikasi layanan informasi.Selanjutnya aspek observability (kemudahan diamati) hasil penelitian menunjukan inovasi layanan informasi publik berbasis e-government dapat dengan mudah diakses menggunakan perangkat digital dan juga media social seperti facebook, instagram, youtube, dan twitter.Tetapi masih ditemukan konten-konten dimedia sosial lebih didominasi oleh pemberitaan terkait kasus penyebaran covid 19. Pengembangan inovasi layanan Diskominfo Kota Kupang dengan inovasi layanan kabas hoax dan juga melalui pendekatan pentahelix. Model inovasi yang direkomendasikan adalah dimulai dari identifikasi kebutuhan generasi milenial, knowledge management, kepemimpinan digital, layanan yang berfokus pada generasi milenial dan juga layanan yang bersifat multitasking dan interaktif, sehingga inovasi layanan sesuai dengan harapan generasi milenial.Disarankan agar pemerintah Kota Kupang hendakya memprioritaskan dan juga mengembangkan program-program inovasi layanan, peningkatan dan juga penguatan kapasitas SDM dan juga lebih ditingkatkan survey kepuasan pengguna generasi milenial.

Kata Kunci: Inovasi, layanan publik, generasi milenial.


Detail Information

Item Type
Disertasi
Penulis
Andre Pattipeilohy - Personal Name
Student ID
1812020006
Dosen Pembimbing
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Dosen Pembimbing 1
Frans Gana - 196006141981001702 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Ketua Penguji
Nursalam - 196410091991031001 - Penguji 1
Laurensius P. Sayrani - 197802052006041002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63101
Edisi
Published
Departement
Doktor Ilmu Administrasi
Kontributor
Laurensius P. Sayrani - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
630.01 Pat I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA