KETERAMPILAN POLA BELAJAR DAN TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA DAN GERAK DI KELAS IV SDI II WAIKOMO KABUPATEN LEMBATA

Detail Cantuman

Skripsi

KETERAMPILAN POLA BELAJAR DAN TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA DAN GERAK DI KELAS IV SDI II WAIKOMO KABUPATEN LEMBATA

XML

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan pola belajar dan tingkat motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang gaya dan gerak di kelas IV SDI II Waikomo Kabupaten Lembata. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, dan subjek dalam penelitian adalah guru wali kelas IV dan seluruh siswa kelas IV SDI II dengan jumlah 27 orang. Analisis data yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola belajar yang terjadi di sekolah baik di dalam kelas maupun di luar kelas sudah diterapkan namun masih ada siswa yang belum paham tentang materi yang diberikan dan belum adanya dorongan yang memotivasi siswa baik dari dalam dirinya ataupun dorongan dari luar. Oleh karena itu upaya atau solusi yang dilakukan oleh guru yaitu membimbing mereka dan memberikan motivasi atau gambaran yang mendorong siswa agar lebih rajin dalam belajar. Metode yang digunakan untuk mendorong siswa dalam pola belajar yang dilakukan oleh guru yaitu mengumpan mereka dengan pertanyaan tentang materi sebelumnya agar meningkatkan pola berpikir mereka dan juga guru harus berperan aktif selama pembelajaran. Sedangkan motivasi belajar disini guru memotivasi mereka dengan memberikan pujian setiap kali siswa dapat menjawab pertanyaan baik benar maupun salah karena supaya siswa dapat belajar dari kesalahanya dan dapat memotivasi dirinya sendiri. Keterampilan dalam pembelajaran dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka jika mereka tekun dalam mengikuti Pelajaran karena dapat memotivasi mereka untuk menjadi siswa yang pandai agar hasil belajar mereka tidak mengecewakan mereka dan orangtua termasuk juga guru yang mengajari mereka.

Kata Kunci: Pola Belajar, Motivasi Belajar, Keterampilan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901140282
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 JAG K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA