Strategi Komunikasi Sinode GMIT (Gereja Masehi Ijili di Timor) Dalam Mempertahankan Bahasa Dan Budaya ( Studi Kasus Pada Program Bulan Bahasa Dan Budaya)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Komunikasi Sinode GMIT (Gereja Masehi Ijili di Timor) Dalam Mempertahankan Bahasa Dan Budaya ( Studi Kasus Pada Program Bulan Bahasa Dan Budaya)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk bagaiaman Sinode GMIT memepertahankan Bahasa dan Budaya dalam lingkup gereja dan juga apa saja hambata-hambatan dalam melaksanakan bulan bahasa dan budaya dilingkup gereja. Bulan Mei ditetapkan oleh GMIT sebagai Bulan Bahasa dan Budaya. Sepanjang bulan Mei. Dengan ditetapkannya bulan Mei sebagai Bulan Bahasa dan Budaya. Strategi komunikasi yang dibuat oleh Sinode GMIT sendiri untuk tatap mempertahnkan bahasa dan budaya dalam lingkup gereja. Yaitu berkaitan dengan dibuatnya program ini sampai pada pelaksanaan bulan bahasa dan budaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan paradigma penelitian interpretatif atau konstruktivistik. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan Bahasa dan Budaya sebagai identitas jemaat, dalam melaksanakan ibadah dengan nuansa entis merupakan hal yang ada pada diri jemaat dan menjadikan ungkapan syukur kepada Tuhan dalam identitas jemaat. Dengan strategi yang dibuat oleh GMIT dalam membuat program bulan bahasa dan budaya melalui sidang sinode GMIT yang diusulkan oleh UPP liturgi dan musik gerejawi dan menjadi satu keputusan sidang dan kemudian menginformasikan keputusan sidang kepada klasis-klasis dan membuat surat edaran mengenai hasil sidang kepada pihak gereja-gereja. GMIT sangat menghargai budaya demi menolong generasi baru dan penerus yang ramah terhadap budaya. Melihat pemanfaatan budaya dan revitalisasi bahasa dalam kebaktian di gereja dan menghidupkan kembali kecintaan kepada budaya, budaya yang menjadi identitas kita terancam punah karena globalisasi.agar masyarakat atau jemaat terus mengetahui, mempertahankan, dan menghargai tradisi yang dimiliki oleh setia jemaat atau masyarakat.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, bulan bahasa dan budaya, Sinode GMIT.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MESI RIANTI BETTY - Personal Name
Student ID
1803050134
Dosen Pembimbing
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Dosen Pembimbing 1
I.G.A. Rina Pietriani - 8897023419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Ketua Penguji
i.g.a. rina pietriani - - Penguji 1
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Subyek
No Panggil
702.01 BET S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA