Skripsi
Pengaruh Latihan Zig-Zag Terhadap Kelincahan Dribbling Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola MAN 2 Flores Timur
XMLPermasalahan utama pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan kelincahan dribbling siswa MAN 2 Flores Timur. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode latihan zig-zag terhadap kelincahan dribbling siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Populasi seluruh siswa kelas X berjumlah 30 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Puposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kelincahan dribbling.Teknik analisis data menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kelincahan dribbling pada kelas pretest lebih rendah yaitu dengan skor rata-rata 63.05 dibandingkan dengan kemampuan kelincahan dribling pada kelas postest dengan skor rata-rata 86.38. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel atau 6,915> 2,093 pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada kemampuan kelincahan dribbling siswa. Adanya pengaruh yang signifikan ini dikarenakan penggunaan metode zig-zag pada kelas X MAN 2 Flores Timur.
Kata kunci : Metode Zig-Zag
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SYAHRUL NIZAM - Personal Name
|
Student ID |
1901150004
|
Dosen Pembimbing |
Lukas M. Boleng - 199507301984031002 - Dosen Pembimbing 1
VERAMYTA MARIA MARTHA FLORA BABANG - 198602092014042001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Maria Andriani Barek Ladjar - 19900326201932015 - Ketua Penguji
Lukas M. Boleng - 199507301984031002 - Penguji 1 Veramyta M.M. Flora Babang - 198609022014042001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
85201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
852.01 NIZ P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |