Skripsi
PERAN GURU DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN ANAK DI PAUD KARTINI
XMLMendisplinkan peserta didik adalah tindakan merubah kebiasaan lama yang sifatnya kurang baik menuju pada kebiasaan baru yang lebih baik. Mendisplinkan peserta didik bukan berteori tetapi membuktikan teori. Guru yang selalu memberikan tugas dan membantu peserta didik yang tidak mampu, selalu memilih kata-kata yang mudah dicerna dan dimengerti, maupun memberikan solusi terhadap kesulitan belajar anak di sekolah adalah tindakan-tindakan mendisplinkan peserta didik. Pada PAUD Kartini perkembangan disiplin anak di sekolah tergolong berkembang meski tidak berkembang dengan sangat baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembinaan karakter disiplin pada anak didik di PAUD Kartini. Pendekatan yang digunakan didalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. dengan jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (Field Research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembinaan karakter disiplin sudah berjalan dengan baik. Peran guru dalam pembinaan karakter disiplin peserta didik dapat dilaksanakan melalui empat peran yakni peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai model dan teladan, peran guru sebagai pengajar serta peran guru sebagai evaluator.
Kata kunci: Peran guru dan disiplin
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yuliana Telik - Personal Name
|
Student ID |
1801180007
|
Dosen Pembimbing |
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
Vanida Mundiarti - 198003252008122003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Ketua Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 1 Vanida Mundiarti - 198003252008122003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86207 TEL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |