Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 KUPANG
XMLRiset ini berkaitan dengan masalah hasil belajar siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Kupang. Riset ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana model penyelesaian masalah memengaruhi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi.
Metode yang diterapkan ialah kuasi eksperimen dengan memerlukan semua siswa kelas X IPS sebagai populasi. Dalam riset ini, rombongan belajar X IPS 1 dipilih menjadi kelompok kontrol yang menerapkan pendekatan pembelajaran ceramah sedangkan rombongan belajar X IPS 2 menjadi kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran problem solving. Tes hasil belajar siswa digunakan sebagai alat dalam penelitian ini.
Hasil analisis hipotesis menggunkaan uji t dengan bantuan SPSS versi 29, 2023 menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Sehingga bisa dikatakan hipotesis diterima artinya model pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 2 Kupang. Jika model pembelajaran problem solving meningkat, maka hasil belajar siswa akan meningkat. Sebab hasil belajar siswa ditentukan oleh penggunaan model pembelajaran.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ANASTASIA MEGO - Personal Name
|
Student ID |
1901080071
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Andri Paulus Loe, S.Pd, M.Pd - 199105272019031014 - - Ketua Penguji
Dr. Ari Data, S.Pd., MM - - Penguji 1 Drs. Yeheskial Nggandung, M.Si - 1963027 199003 1 002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03Meg. P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |