PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING SUITE PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA NEGERI 2 NUBATUKAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING SUITE PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA NEGERI 2 NUBATUKAN

XML

Perkembangan teknologi menyebabkan terciptanya inovasi dalam berbagai bidang termasuk pendidikan. Dengan adanya perkembangan teknologi dibutuhkan variasi media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada materi trigonometri yang valid, praktis dan efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and development) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan dan instrumen yang digunakan yaitu wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan menggunakan ispring suite pada materi trigonometri memenuhi kriteria valid dan efektif. Sementara kriteria kepraktisan hanya teruji dari peserta didik sedangkan dari guru belum teruji dikarenakan adanya kendala saat pelaksanaan penelitian. Hasil rata-rata total kevalidan media (RTV) dari ahli materi yaitu 4.62 dan ahli media yaitu 4.64 sehingga media pembelajaran berbasis android menggunakan ispring suite pada materi trigonometri termasuk dalam kategori “sangat valid”. Hasil rata-rata total kepraktisan (RTP) media kelas kecil diperoleh 4.43 dan pada kelas besar diperoleh 4.6 sehingga media pembelajaran berbasis android menggunakan ispring suite pada materi trigonometri termasuk dalam kategori sangat praktis dari respon peserta didik. Tetapi respon dari guru belum teruji kepraktisannya dikarenakan terdapat kendala yang menjadikan ini sebagai keterbatasan penelitian. Hasil tes evaluasi pada uji coba kelas kecil diperoleh presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah 100% dan uji coba kelas besar diperoleh presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah 74.19% termasuk dalam kategori efektif.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Android, Trigonometri


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901030065
Dosen Pembimbing
Siprianus Suban Garak - 196512311992031027 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Siprianus Suban Garak,M.Sc - 196512311992031027 - Ketua Penguji
Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - - Penguji 1
Fransiska A. Halim, S.Pd., M.Sc - NIP. 19960402 202203 2 017 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Lan P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA