Skripsi
STRATEGI GURU PPKn DALAM PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN DAN GEMAR MEMBACA SISWA TERHADAP PENGARUH NEGATIF PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL DI SMA NEGERI 4 KUPANG
XMLRumusan Masalah (1) Bagaimana strategi guru PPKn dalam penguatan karakter disiplin dan gemar membaca siswa terhadap pengaruh negatif perkembangan media sosial di SMA Negeri 4 Kupang, (2) Bagaimana kendala yang dihadapi guru PPKn dalam penguatan karakter disiplin dan gemar membaca siswa terhadap pengaruh negatif perkembangan media sosial di SMAN 4 Kupang, (3) Bagaimana solusi yang dilakukan guru PPKn dalam menghadapi kendala dalam penguatan karakter disiplin dan gemar membaca siswa terhadap pengaruh negatif perkembangan media sosial di SMAN 4 Kupang. Tujuan penelitian (1) Untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan guru PPKn dalam penguatan karakter disiplin dan gemar membaca siswa terhadap pengaruh negatif perkembangan media sosial di SMAN 4 Kupang. (2) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru PPKn dalam penguatan karakter disiplin dan gemar membaca siswa terhadap pengaruh negatif perkembangan media sosial di SMAN 4 Kupang. (3) Untuk mendeskripsikan solusi yang dilakukan guru PPKN dalam menghadapi kendala dalam penguatan karakter disiplin dan gemar membaca siswa terhadap pengaruh negatif perkembangan media sosial di SMA Negeri 4 Kupang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh
di lapangan dianalisis dengan merangkum hal – hal pokok, menyajikan data ke dalam bentuk kalimat yang mudah dipahami dan menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru PPKn SMA Negeri 4 Kupang dan Siswa SMA Negeri 4 Kupang.
Hasil penelitian menunjukan strategi yang dilakukan guru PPKn dalam penguatan karakter disiplin dan gemar membaca siswa terhadap pengaruh negatif perkembangan media sosial di SMA Negeri 4 Kupang, yaitu dengan cara penekanan pada penilaian sikap, membuat rencana dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menjadikan karakter disiplin sebagai tujuan pencapaian sikap siswa dan memanfaatkan media sosial sebagai sumber belajar dan membaca, menggunakan metode hukuman dan sanksi, metode keteladanan dan metode pembiasaan dalam menggunakan dan memanfaatkan perkembangan media sosial. Kendala yang dihadapi sikap dan perilaku siswa yang sulit untuk diatur dan masabodoh. Solusi yang dilakukan ialah melakukan kerjasama bersama guru BK, selalu melakukan pembiasaan dan menjadi contoh teladan, dan memberikan penekanan pada penilaian sikap.
Kata Kunci : Strategi Guru PPKn, Karakter Disiplin, Gemar Membaca, Media Sosial
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Agustina Delviana Danggut - Personal Name
|
Student ID |
2001070027
|
Dosen Pembimbing |
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Dosen Pembimbing 1
Dorkas Y.A. Kale - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Thomas Kemil Masi, M.Pd - 199205302022031009 - Ketua Penguji
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Penguji 1 Dorkas Y. A. Kale, S.Pd., M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Dan. S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |