Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA 4 SMA N 1 ROTE BARAT DAYA PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA
XMLPenelitian in bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas XI MIPA 4 SMA N 1 Rote Barat Daya melalui Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Materi Hukum Termodinamika. Peneliti mengajukan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stary sebagai upaya meningkatkan hasil belajar fisika siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 4 SMA N 1 Rote Barat Daya berjumlah 31 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 4, guru kelas, dan data dokumen. Data yang dihimpun merupakan data kualitatif meliputi aktivitas belajar siswa dan data kuantitatif mencakup hasil belajar siswa, data pencapaian indikator hasil belajar secara individu, dan ketuntasan belajar klasikal. Teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan sesudah tindakan siklus I dan siklus II (post-test), dan lembar pengamatan. Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila hasil belajar siswa, meningkat sesuai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu, jika hasil belajar siswa memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (KKM=75) 75% individu dan 85% secara klasikal, maka pembelajaran kognitif dikatakan berhasil. Dalam aspek psikomotor, siswa dianggap tuntas jika seluruh atau sekurang-kurangnya 75% siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara kognitif sebesar 71%, sedangkan hasil belajar peserta didik yang tidak tuntas mencapai 29%, sedangkan pada siklus II hasil belajar peserta didik yang mencapai ketuntasan 93,54%, dan hasil belajar peserta didik yang belum tuntas 6,45%. Rata-rata ketuntasan hasil belajar secara psikomotorik siswa pada siklus I 86,235 % dan siklus II 93,77%.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Asri Deabet Siok - Personal Name
|
Student ID |
1901050009
|
Dosen Pembimbing |
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Nikodemus U. J. Hauwali, S.Si., M.Si - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Jannes Bastian Selly, S.Pd., M.Si., M.Kes, - - Ketua Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 1 Nikodemus U. J. Hauwali, S.Si., M.Si - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Sio. P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |