Dampak Dan Sikap Masyarakat Terhadap Keberadaan Praktik Prostitusi Kampung Jati (Studi Kasus Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu)

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Dan Sikap Masyarakat Terhadap Keberadaan Praktik Prostitusi Kampung Jati (Studi Kasus Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu)

XML

ABSTRAK. Judul penelitian ini adalah “Dampak Dan Sikap Masyarakat Terhadap Keberadaan Praktik Prostitusi Kampung Jati di Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu”. Penelitian ini di latar belakangi oleh keberadaan dari tempat prostitusi ilegal Kampung Jati yang sudah ada bertahun-tahun dan hidup berdampingan dengan masyarakat di Kelurahan Umanen. Berdasarkan pendahuluan diatas maka pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah dampak dan sikap masyarakat terhadap keberadaan praktik prostitusi liar di tengah perkampungan masyarakat di Kampung Jati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak dan sikap masyarakat terhadap keberadaan praktik prostutusi liar Kampung Jati di Kelurahan Umanen. Penelitian ini menggunakan teori persepsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentas dan studi literatur dan dengan menggunakan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 5 orang masyarakat, 1 orang pemilik tempat prostitusi, 1 orang pelajar dan 3 orang aparat pemerintah. Hasil penelitian menunjukan adanya berbagai persepsi dan sikap dari masyarakat Kelurahan Umanen terhadap keberadaan praktik prostitusi kampung jati. Adapun dampak yang dirasakan yaitu keberadaan prostitusi kampung jati memberikan keuntungan secara ekonomi, rasa ingin tahu anak-anak kecil tentang profesi pekerja seks komersial, stigma buruk terhadap lingkungan mereka, perilaku remaja mengkonsumsi rokok dan minuman keras yang belum layak di konsumsi, terjadinya perkelahian di Kampung Jati yang meresahkan masyarakat. Dan sikap dari masyarakat Kelurahan Umanen yaitu ada yang menerima dan ada yang tidak menerima keberadaan dari tempat prostitusi kampung jati. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan agar pemerintah lebih tegas dalam menyikapi setiap dampak yang dirasakan masyarakat yang membuat masyarakat resah akan keberadaan dari tempat prostitusi Kampung Jati, serta adanya kesadaran dari masyarakat Kota Atambua agar lebih waspada terhadap penularan penyakit HIV/AIDS dan kepada para orang tua lebih ketat dalam mengawasi putra dan putri mereka, baik yang masih kecil, remaja maupun yang sudah dewasa.


Detail Information

Item Type
Penulis
Sofiana Kolo Benu - Personal Name
Student ID
1603030033
Dosen Pembimbing
HERMAN YOSEP UTANG - 196602212006041001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Ketua Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Penguji 1
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Ben D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA