Pola Interaksi Sosial Dalam Toleransi Beragama (Studi Kasus Di Lingkungan Asrama Tentara Kelurahan Kuanino, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Interaksi Sosial Dalam Toleransi Beragama (Studi Kasus Di Lingkungan Asrama Tentara Kelurahan Kuanino, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pola interaksi sosial dalam toleransi beragama di lingkungan Asrama Tentara Kelurahan Kuanino, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan teori solidaritas (ashabiyah) dari Ibnu Khaldun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Teknik penarikan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Infroman dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 1 orang Ketua RT, 5 orang anggota TNI, 3 orang Ibu Rumah Tangga, dan 1 pelajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola interaksi sosial terjadi dalam berbagai lingkup kehidupan manusia termasuk juga dalam lingkup toleransi beragama di lingkungan Asrama Tentara Kuanino yaitu bersifat asosiatif dibuktikan dengan (1) kerja sama; dibuktikan oleh kerja bakti. (2) saling menolong; dilihat dari masyarakat membantu memberikan sumbangan berupa uang kepada masyarakat yang sedang mengalami kedukaan dan membantu masyarakat yang mengalami musibah. (3) saling menghargai; ditunjukkan dengan saling memberikan ucapan pada hari besar keagamaan. (4) saling terbuka; perilaku saling terbuka mencakup berbagai pikiran, perasaan, berbagi informasi-informasi penting, dan memberikan pendapat untuk memecahkan masalah yang ada di lingkungan Asrama Tentara Kuanino. Kesimpulan dari penelitian ini pola interaksi sosial asosiatif diwujudkan dalam bentuk perilaku dan sikap: kerja sama, saling menolong, saling mengahargai dan saling terbuka. Dengan adanya bentuk perilaku dan sikap tersebut masyarakat Asrama Tentara Kuanino memperlihatkan adanya kesadaran akan nilai sosial yang mendukung terjadinya keharmonisan dan kerukunan hidup beragama. Namun, perilaku dan sikap tersebut belum berjalan secara optimal perlu ditingkatkan karena belum semua masyarakat di lingkungan Asrama Tentara Kuanino ikut terlibat. Saran dari penelitian ini untuk pemerintah diharapkan dapat mengatur lingkungan sosial umat beragama sesuai dengan pola interaksi sosial yang menciptakan keteraturan sosial dan untuk masyarakat Asrama Tentara Kuanino diharapkan agar dapat menerapkan pola interaksi sosial asosiatif dalam toleransi beragama yang mengedepankan sikap dan perilaku yang baik agar keakraban dan keteraturan antar sesama masyarakat.

Kata Kunci: Pola Interaksi, Toleransi, Kehidupan Beragama


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fanny Neno - Personal Name
Student ID
1903030055
Dosen Pembimbing
BALKIS SORAYA TANOF - 196801301994032001 - Dosen Pembimbing 1
LENNY SOFIA BIRE MANOE - 198009152005012003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Balkis Soraya Tanof - 196801301994032001 - Ketua Penguji
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Penguji 1
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Nen P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA