STUDI EKSPLORASI PEREMPUAN DESA MOTAULUN YANG HAMIL DI LUAR NIKAH KECAMATAN MALAKA BARAT KABUPATEN MALAKA

Detail Cantuman

Skripsi

STUDI EKSPLORASI PEREMPUAN DESA MOTAULUN YANG HAMIL DI LUAR NIKAH KECAMATAN MALAKA BARAT KABUPATEN MALAKA

XML

Fenomena hamil di luar nikah terjadi akibat maraknya pergaulan bebas dan juga karena lemahnya iman agama pada diri seseorang, yang akhirnya menjadikan kehidupan individu, keluarga bahkan masyarakat, baik segi biologis maupun psikologis, sehingga membuat remaja perempuan hamil di luar nikah. Sebagaimana data yang ada dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2018- 2021 di Indonesia terdapat 232,4 juta jiwa perempuan hamil di luar nikah pada usia 17-20 tahun. Berdasarkan data tersebut perempuan hamil di luar nikah di temukan dikalangan remaja, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab perempuan Desa Motaulun yang hamil di luar nikah. Informan penelitian ini adalah remaja perempuan Desa Motaulun, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka yang terdiri dari 6 (enam) orang sebagai informan pelaku.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksplorasi digunakan untuk menggali fenomena seseorang informan pelaku yang hamil di luar nikah, teknik yang digunakan untuk mengambil data adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi dan jumlah informan dalam penelitian adalah enam (6) remaja perempuan Desa Motaulun yang hamil di luar nikah pada usia 13-19 tahun yang hamil di luar nikah.
Hasil penelitian dikelompokkan berdasarkan tema-tema yaitu faktor penyebab perempuan yang hamil di luar nikah dan dampak perempuan hamil di luar nikah. Yang pertama, Faktor penyebab perempuan hamil di luar nikah antara lain: faktor pola asuh orang tua berupa kurangnya kontrol atau pengasawan dari orang tua dan orang sering memberikan anak kebebasan, adanya media sosial berupa facebook dan whatsApp sehingga informan dan pasangan saling mengirim pesan melalui media tersebut dan perbandingan sosial yakni, informan pelaku selalu mengikuti gaya orang lain dan selalu membandingkan dirinya dengan orang lain sehingga itu yang menyebabkan informan pelaku hamil di luar nikah. Yang kedua, dampak perempuan hamil di luar nikah antara lain: dampak psikologis berupa remaja perempuan merasa tidak nyaman, takut, cemas, dan depresi, dampak kesehatan berupa berat badan bayi rendah (gizi buruk) dan dampak sosial berupa sosial. Hasil penelitian diharapkan dapat menyumbang informasi dan bahan edukasi bagi semua pihak baik pemerintah, lembaga masyarakat, orang tua
dan individu untuk mendorong percepatan penanganan kasus hamil di luar nikah sebagai akibat dari pergaulan bebas.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Susdi Ice Yani Leki - Personal Name
Student ID
1901170005
Dosen Pembimbing
ERNI RASTER KLAU - 198506272008122002 - Dosen Pembimbing 1
Frans K Selly - 0809028701 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ambara Saraswati Mardani - 198511082008122003 - Ketua Penguji
Erni Raster Klau - 198506272008122002 - Penguji 1
Frans K. Selly - 0809028701 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 Lek S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA