EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PPKn (K13) SISWA KELAS X SELAMA COVID – 19 DI SMK WIRAKARYA KUPANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Detail Cantuman

Skripsi

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PPKn (K13) SISWA KELAS X SELAMA COVID – 19 DI SMK WIRAKARYA KUPANG TAHUN AJARAN 2020/2021

XML

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring mata pelajaran PPkn Siswa kelas X selama covid di SMK Wirakarya Kupang, untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan yang ditemui dalam pemberlakuan pembelajaran PPkn secara daring semasa covid di SMK Wirakarya Kupang, serta untuk mendeskripsisikan solusi apa dalam mengatasi hambatan pembelajaran PPkn secara daring semasa covid di SMK Wirakarya Kupang Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang proses pengumpulan datanya dilakukan secara langsung di lapangan berdasarkan pengamatan peneliti, serta diperkuat dengan beberapa
teknik pendukung dalam pengumpulan data, yaitu; wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi untuk memperoleh rujukan hasil penelitian yang valid.
Hasil penelitian tentang efektivitas pembelajaran daring mata pelajaran Pkn siswa kelas X selama pandemi covid-19 di SMK Wira Karya Kupang, adalah sebagai berikut: Pembelajaran daring mata pelajaran Pkn di SMK Wira Karya Kupang sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dikarenakan pembelajaran daring melalui google classroom, WhatssApp pada mata pelajaran Pkn dapat dengan mudah diakses oleh guru maupun siswa sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom, WhAtsAPP pada mata pelajaran Pkn siswa kelas X dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat melalui pemberian tugas, siswa merasa senang menggunakan google classroom, WhatsApp karena mudah digunakan, waktu belajar fleksibel, biaya pembelajaran lebih efisien sebab memangkas sejumlah biaya seperti biaya transportasi, biaya pembelian buku dan sebagainya. Kendala dalam penerapan pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom , WhatsApp pada mata pelajaran Pkn yaitu: jaringan internet yang tidak stabil, guru dan siswa dituntut untuk menguasai teknik pembelajaran berbasis teknologi dan terdapat perbedaan tingkat pemahaman antar siswa. Adapun upaya mengatasi kendala dalam penerapan pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom, WhatsApp yaitu: bekerja sama dengan provider internet, memastikan siswa memahami materi, meningkatkan kompetensi guru dan memberikan motivasi kepada siswa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Paschalis Charles Naklui - Personal Name
Student ID
1801070047
Dosen Pembimbing
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 1
Daud Y. Nassa - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Ketua Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Penguji 1
Daud Y. Nassa - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Lui E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA