PENGARUH DOSIS BOKASHI CAMPURAN JERAMI, SEKAM, DAN DEDAK PADI TERHADAP P-TERSEDIA TANAH VERTISOL ASAL BAUMATA SERTA PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN LOBAK (Raphanus sativus L.)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH DOSIS BOKASHI CAMPURAN JERAMI, SEKAM, DAN DEDAK PADI TERHADAP P-TERSEDIA TANAH VERTISOL ASAL BAUMATA SERTA PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN LOBAK (Raphanus sativus L.)

XML

Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan Kelompok Wanita Tani Jeremiah Desa Oeltua, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang dan di Laboratorium Kimia Tanah Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana yang berlangsung dari bulan September 2022 sampai dengan November 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh perlakuan dosis bokashi campuran jerami, sekam, dan dedak padi yang berbeda terhadap P-tersedia tanah Vertisol serta pertumbuhan dan hasil tanaman lobak. (2) untuk mendapatkan perlakuan dosis bokashi campuran, jerami, sekam, dan dedak padi yang terbaik terhadap P-tersedia tanah Vertisol serta pertumbuhan dan hasil tanaman lobak. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari satu faktor, yaitu Bokashi campuran jerami, sekam, dan dedak padi dengan 5 taraf (dosis) yaitu tanpa perlakuan dosis bokashi, dosis bokashi 50 g, dosis bokashi 75 g, dosis bokashi 100 g, dosis bokashi 125 g. Data hasil percobaan dianalisis dengan sidik ragam dan apabila terdapat pengaruh yang nyata dari perlakuan maka dilanjutkan dengan Uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah P-tersedia tanah, C-organik tanah, tinggi tanaman, jumlah daun, panjang umbi, bobot basah umbi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dosis bokashi campuran jerami, sekam dan dedak padi memberikan pengaruh yang nyata terhadap P-tersedia tanah, C-organik tanah, dan tinggi tanaman, namun tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah daun, panjang umbi dan bobot basah umbi.

Kata Kunci : Bokashi campuran jerami, sekam, dan dedak padi, tanaman lobak


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NIKO DOMINGGUS WAANG - Personal Name
Student ID
1804060327
Dosen Pembimbing
MAX JUNUS KAPA - 196406201990091001 - Dosen Pembimbing 1
ANTHONIUS S J ADUTAE - 19621125198803100 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Moresi M. Airtur - 19770604 200912 1 001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
54211
Edisi
Published
Departement
FAKULTAS PERTANIAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.11 Waa P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA