PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA II SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA I SUMBER ENERGI PEMBELAJARAN I KELAS IV SD GMIT AIRMAMA KABUPATEN ALOR

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA II SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA I SUMBER ENERGI PEMBELAJARAN I KELAS IV SD GMIT AIRMAMA KABUPATEN ALOR

XML

“Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah” Dengan rumusan masalah penelitian ini adalah : Bagaimana Penggunaan Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema II Selalu Berhemat Energi Subtema I Sumber Energi Pembelajaran I Kelas IV SD Gmit Airmama Kabupaten Alor?. Tujuan Penelitian Yaitu untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema II Selalu Berhemat Energi Subtema I Sumber Energi Pembelajaran I Kelas IV SD Gmit Airmama Kabupaten Alor. Dengan Subyek Penelitihan 11 Orang, Laki-laki 8 Orang Perempuan 3 Orang. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dan kuantitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh diolah dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dari 11 subjek penelitian 6 orang siswa sebesar (54,54%) yang tuntas dikarena sisewa memperhatikan penjelasan guru, selalu berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok sedangkan 5 orang siswa sebesar (45,45%) yang tidak tuntas dikarena guru belum mampu menguasai kelas dengan baik, guru belum sepenhnya menguasai langkah-langkah model PBL, siswa belum memahami tentang model PBL dan siswa kurang
sungguh-sungguh dalam mengerjakan soal yang diberikan. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari 11 subyek penelitian 9 orang siswa sebesar (81,81%) yang tuntas dikarena siswa sudah terbiasa dengan menggunakan model PBL, siswa mulai bersungguh-sungguh dalam mengerjakan soal dan guru sudah mampu memahami langkah-langkah model PBL dengan baik. sedangkan 2 orang siswa sebesar (18,19%) tidak tuntas karena masih kurang aktif dalam kelompok dan kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan.
Kata Kunci: Model PBL, Sumber Energi, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sari Dahlia Illu - Personal Name
Student ID
1701140202
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Antonius Suban Hali, S.Si., M.Si. - 19780917 200912 1 004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ill P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA