Skripsi
Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS UPTD SMP Negeri 7 Kupang
XMLRendahnya hasil belajar siswa Kelas VII mata pelajaran IPS UPTD SMP N.7 Kupang dipengaruhi oleh kurangnya perhatian orang tua sehingga siswa tersebut lebih banyak bermain dari pada belajar,dan kurangnya motivasi belajar dari diri sendiri sehingga siswa malas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS UPTD SMP N. 7 Kupang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan koesioner. Jumlah populasi 155 dan sampel 112. Teknik pengolahan data menggunakan uji asumsi klasik, uji t, uji f, serta SPSS digunakan untuk menganalisis data.
Berdasarkan hasil analisis data variabel perhatian orang tua memperoleh hasil t hitung > t tabel dan nilai signifikan < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS UPTD SMP Negeri 7 Kupang. Variabel motivasi belajar memperoleh hasil t hitung > t tabel dan nilai signifikan < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS UPTD SMP Negeri 7 Kupang.
Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARSELIA BORA - Personal Name
|
Student ID |
1901080085
|
Dosen Pembimbing |
Markus U.K.Yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 1
Fernando Saragih - 199407232020121009 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Ketua Penguji
Fernando Saragih, M.Pd. - 199407232020121009 - Penguji 1 Ari Data - 197209022003121003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 BOR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |