PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PECAHAN PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD INPRES OEPURA 1 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PECAHAN PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD INPRES OEPURA 1 KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkakan hasil belajar siswa kelas II SD Inpres Oepura 1 Kota Kupang pada meteri pecahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media pembelajaran puzzle pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan teknik analisis data yang digunakan dekriptif kualiatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Inpres Oepura 1 Kota Kupang yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari laki-laki 12 orang dan perempuan terdiri dari 13 orang. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa hasil akifitas guru pada siklus 1 memperoleh rata-rata 74,13 % dan pada siklus 2 meningkat menjadi 93,33%. Kemudian hasil observasi akifitas siswa pada siklus 1 memperoleh nilai keberhasilan sebesar 70,5% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 90%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 1 memperoleh rata-rata nilai kelas sebesar 64 dengan presentase ketuntasan 60% dan pada siklus 2 meningkat dengan hasil belajar siswa memperoleh rata-rata nilai 75,6 dengan presentase ketuntasan 88%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan bantuan media pembelajaran puzzle pecahan pada materi pecahan dapat meningkakan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Inpres Oepura 1 Kota Kupang.

Kata Kunci : Think Pair Share, media puzzel, hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lia Zikriana Syukur - Personal Name
Student ID
1901140138
Dosen Pembimbing
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 SYU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA