Implementasi Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Penggerak Di Kabupaten Ende

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Penggerak Di Kabupaten Ende

XML

Asesmen pada anak usia dini merupakan penilaian yang dilakukan guru untuk mengukur suatu ketercapaian perkembangan anak. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi asesmen kurikulum merdeka pada sekolah penggerak di Kabupaten Ende terlebih khusus lembaga PAUD. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yakni empat guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi asesmen kurikulum merdeka pada sekolah penggerak di Kabupeten Ende terdiri dari perencanaan asesmen, pelaksanaan asesmen, pengolahan dan pelaporan hasil asesmen. Dalam perencanaan pembelajaran dan asesmen guru melakukan penilaian awal atau diagnostik awal kepada anak dengan melakukan observasi dan wawancara kepada orangtua anak, untuk mengetahui karakteristik dan kesiapan belajar anak. Hasil penilaian awal akan dijadikan sebagai rencana pembelajaran yang dimasukan dalam bentuk modul ajar. Tahap pelaksanaan asesmen guru melakukan asesmen formatif pada proses pembelajaran sebagai acuan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan instrumen asesmen sebagai penilaian perkembangan anak melalui penilaian anekdot, ceklist, hasil karya dan foto berseri. Asesmen formatif ini untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Pada tahap pengolahan dan pelaporan hasil asesmen guru menggunakan asesmen sumatif sebagai hasil laporan akhir anak. Laporan hasil asesmen ini dapat dilakukan dengan cara, tertulis. Laporan tulis disampaikan berdasarkan penilaian dari hasil data yang sudah dikumpulkan dan dibuat dalam bentuk laporan hasil belajar anak.
Kata kunci : Implementasi Asesmen.; Anak usia dini; kurikulum merdeka; sekolah penggerak.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Bernadita Astina Weni - Personal Name
Student ID
1901180039
Dosen Pembimbing
Engelbertus Nggalu Bali - 199905052019032019 - Dosen Pembimbing 1
Credo G, Bety - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Vanida Mundiarti - 198003252008122003 - Ketua Penguji
Engelbertus Nggalu Bali - 199905052019032019 - Penguji 1
Credo G, Bety - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86207 WEN I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA