PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI SATAP LAMBAKARA

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI SATAP LAMBAKARA

XML

Penelitian ini didasari oleh permasalahan yang terjadi di kelas VII A SMP Negeri Satap Lambakara berupa rendahnya kreativitas guru dalam menyajikan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan model pembelajaran yang sesuai sehingga pembelajaran menjadi lebih sulit dipahami siswa, akibatnya keaktifan dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi menulis teks laporan hasil observasi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri Satap Lambakara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII A SMP Negeri Satap Lambakara yang berjumlah 23 orang siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes, dan kuisioner, dengan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, soal tes dan kuisioner respon siswa. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini memiliki 4 tahapan yaitu 1) Perencanaan (Planning); 2) Pelaksanaan tindakan (action); 3) Pengamatan (observation); 4) Refleksi (reflection).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persentase nilai rata-rata hasil tes hasil belajar siswa pada prasiklus adalah 43,48% meningkat menjadi 52,17% diakhir siklus I, kemudian meningkat menjadi 82,61% diakhir siklus II. Persentase keterlaksanaan aktivitas guru mengajar juga mengalami peningkatan yakni 94,38% pada siklus I menjadi 96,88% pada siklus II. Di samping itu, Persentase keterlaksanaan aktivitas siswa juga turut meningkat dari 81,67% pada prasiklus menjadi 88,33% pada siklus I dan mencapai 95% pada siklus II.

Kata Kunci: Discovery Learning, Menulis teks laporan hasil observasi, Keaktifan, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yusri Pindi Hunggu Hamu - Personal Name
Student ID
1901010156
Dosen Pembimbing
Labu Djuli - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
I Nyoman Reteg - 196001081986011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
I Nyoman Reteq - 196001081986011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
54201 HAM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA