Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tentang Struktur Dan Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan Pada Siswa Kelas IV SD Katolik Silala

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tentang Struktur Dan Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan Pada Siswa Kelas IV SD Katolik Silala

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh yang signifikan antara model discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi struktur dan fungsi bagian-bagian tumbuhan pada siswa kelas IV SD Katolik Silala. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Lokasi penelitian ini adalah SD Katolik Silala. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 22 yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Berdasarkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pretest adalah 49,42. Setelah diberikan perlakuan, rata-rata nilai hasil belajar posttest adalah 82,69. Sedangkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh harga thitung 9.313. Sedangkan harga ttabel 2.060. Dengan demikian harga t-testhitung = 9.313 lebih besar dari harga ttabel = 2.060.Oleh karena harga t hitung lebih besar dari harga t tabel maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Sesuai hasil dan pembahasan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA materistruktur dan fungsi bagian-bagian tumbuhan pada siswa kelas IV SD Katolik Silala.

Kata kunci: model discovery learning, hasil belajar, bagian-bagian tumbuhan


Detail Information

Item Type
Penulis
Makrina Lese - Personal Name
Student ID
1601140139
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Les P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA