Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Pernapasan Manusia Di Kelas V Sdk Sekon Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Pernapasan Manusia Di Kelas V Sdk Sekon Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)

XML

Rumusan masalah penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa materi alat pernapasan pada manusia di kelas V SDK Sekon Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) ? Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa materi alat pernapasan manusia di kelas V SDK Sekon Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimen Design, dengan rancangan The One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh dengan sampel penelitian berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes berupa soal pilihan ganda, dan non tes berupa dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Validitas, uji Reliabilitas. Uji instrument penelitian dilakukan dengan uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh nilai rata-rata hasil pretes sebesar 52 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan n = 18 pada taraf signifikan 5%. Diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi alat pernapasan manusia di kelas V SDK Sekon Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Alat Pernapasan Manusia.


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Delfina Amloki - Personal Name
Student ID
1601140042
Dosen Pembimbing
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Aml P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA