Peran Fasilitator Sekolah Penggerak Untuk Menigkatkan Pemahaman Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Provinsi NTT

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Fasilitator Sekolah Penggerak Untuk Menigkatkan Pemahaman Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Provinsi NTT

XML

Sekolah penggerak merupakan salah satu strategi yang dibentuk pemerintah sebagai langkah awal untuk menerapkan kurikulum merdeka belajar. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang memberikan kemerdekaan kebebasan bagi siswa maupun guru dalam proses pembelajaran. Dalam penerapan kurikulum merdeka yang merupakan suatu kurikulum baru banyak kendala yang dihadapi guru-guru dalam mengimplementasinya, karena merupakan suatu kurikulum baru. Oleh sebab itu, pemerintah pusat berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk merekrut fasilitator sebagai pendamping satuan Pendidikan yang menjadi mitra sekolah penggerak dalam proses penerapan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran fasilitator sekolah penggerak untuk meningkatkan pemahaman guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di Provinsi NTT. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, peneliti mengumpulkan data melalui wawancara terstruktur terhadap 6 orang fasilitator sekolah penggerak jenjang PAUD yang terdiri dari angkatan 1 dan 2. Peneliti juga mengecek keberan data yang diperoleh melalui triangulasi sumber dengan melakukan wawancara terhadap 6 orang kepala sekolah penggerak PAUD dampingan fasilitator. Hasil penelitian penunjukan bahwa fasilitator dalam mendampingi sekolah penggerak jenjang PAUD melakukan empat peran yaitu; (1) mendorong sekolah melakukan kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat; (2) mendorong sekolah membentuk komunitas belajar; (3) mengembangkan kompetensi guru dan kepala sekolah; (4) melakukan refleksi dan evaluasi.
Kata Kunci: Peran fasilitator, Sekolah Penggerak, Pemahaman Guru, Kurikulum Merdeka.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Katharina Elfrida Moi - Personal Name
Student ID
1901180048
Dosen Pembimbing
Engelbertus Nggalu Bali - 199905052019032019 - Dosen Pembimbing 1
M.K. P Abdi Keraf - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Ketua Penguji
Engelbertus Nggalu Bali - 199905052019032019 - Penguji 1
M.K. P Abdi Keraf - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.07 MOI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA