DINAMIKA PEMBINAAN SIKAP DEMOKRASI DALAM MENYAMPAIKAN PENDAPAT PADA PEMILIHAN KETUA OSIS SMA NEGERI 1 FATULEU TENGAH

Detail Cantuman

Skripsi

DINAMIKA PEMBINAAN SIKAP DEMOKRASI DALAM MENYAMPAIKAN PENDAPAT PADA PEMILIHAN KETUA OSIS SMA NEGERI 1 FATULEU TENGAH

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika pembinaan sikap bagi siswa, Pelaksanaan pemilihan ketua osis dan sistem pemugutan suara. Penelitian ini dilaksnakan di SMA Negeri I Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalama penelitian ini yaitu Obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di peroleh dikumpulkan kemudian data diolah dan di analisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian yang menunjukan bahwa: (1) Proses pembinaan sikap demokrasi dalam menyampaikan pendapat siswa-siswi di lingkungan sekolah SMA Negeri I Fatuleu Tengah sudah terintegrasi melalui mata pembelajaran pendidikan pancasila dan Kewarganegaraaan (PKN) dan guru melakukan sosialisasi kepada peserta didik tentang demokrasi dalam pemilihan ketua osis dalam lingkungan SMA Negeri I Fatuleu Tengah siswa-siswa membina sikap demokrasi siswa-siswa melalui musyawara dalam menyamapaikan pendapat sebagai bentuk dinamika pembinaan sikap demokrasi. (2) Dinamika pergantian ketua osis ketua osis yang dilakukan Upacara Penyerahan Tongkat estafet kepada pembina osis, Pelantikan ketua osis dan wakil ketua osis yang baru dan Pembina osis menyerahkan tongkat estafet kepada pengurus osis yang baru untuk melanjutkan kepemimpinan ketua osis yang baru di priode yang baru. (3) Tahapan pemilihan ketua osis yang pertama dilakukan yaitu Penjaringan bakal calon kadidat di lanjutkan melalui seleksi daministrasi bakal calon kadidat, Kampanye visi dan misis dari setiap bakal
calon kadidat, Pemilihan ketua osis berlangsung,Proses pemugutan suara dan ketua osis terpilih.
Jadi dapat di simpulkan bahwa dinamika pembinaan sikap demokrasi dalam menyampaikan pendapat pada pemilihan ketua osis SMA Negeri 1 Fatuleu Tengah merupakan bentuk dinamika pembinaan sikap demokrasi yang sudah terintegrasi melalui mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dan sosialisasi maka siswa mepraktekan melalaui pemilihan ketua osis yang di laksanakan secara demokrasi dan terbuka.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dorenci Fanda - Personal Name
Student ID
2001070044
Dosen Pembimbing
Fredik L. Kollo - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 1
Daud Y. Nassa - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Penguji 1
Daud Y. Nassa - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Nda D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA