PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X FACE E SMA NEGERI 1 PANTAI BARU MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X FACE E SMA NEGERI 1 PANTAI BARU MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

XML

Fokus penelitian ini adalah Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi PadaSiswa Kelas X SMA Negeri 1 Pantai Baru Melalui Media Audio Visual. Dengan rumusanmasalah penelitian ini adalahbagaimana penerapan pembelajaran melalui media audio visualtentang menulis teks eksposisi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri1Pantai Baru? Tujuan yang akan dicapai dalam penilitian ini adalah untuk mengetahuiBagaimana penerapan pembelajaran melalu media audio visual dalam menigkatkan hasilbelajar siswa tentang menulis teks eksposisi di kelas X SMA Negeri 1 Pantai baru. Metodepenelitian yang digunakan yaitu teknik deskriptif kualitatif dalam bentuk PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tes, dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas padasubjek penelitian berjumlah tahapan 34 orang peserta didik, dengan rincian laki-lakiberjumlah 16 orang, dan perempuan berjumlah 18 orang.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pantai Baru dengan hasil penelitianmenunjukkan bahwa pada kegiatan pra-siklus, skor dari 34 subjek penelitian yang tuntas 16orang peserta didik (47,05%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, mampumengerjakan tes yang diberikan guru dan yang tidak tuntas 18 orang peserta didik (52,9)tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru. Sedangkan skor siklus I dari 34subjek yang tuntas berjumlah 23 peserta didik (67,64%) tuntas karena sudah aktif dalamkegiatan pembelajaran dan bertanya tentang materi yang belum dipahami. Dan yang tidaktuntas berjumlah 11 peserta didik 32,35%) tidak tuntas karena masih terlihat pasif dalampembelajaran dan malu bertanya terhadap materi yang belum dimengerti. Selanjutnya skorsiklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan bahwa dari 34 subjek penelitian makasiswa yang tuntas 34 orang (100%) tuntas karena nilai siswa sudah mencapai KKM dansudah mampu menemukan masalah, menganalisis dan memecahkan masalah dengan tepat.Sesuai hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan audiovisualdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentangmenulis teks eksposisi di SMA Negeri 1 Pantai Baru.

Kata Kunci :Media Audio Visual, Menulis Teks Eksposisi, dan Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rati Chornelia Beama - Personal Name
Student ID
1901010090
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Bea P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA