Analisis Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Dan Dampaknya Terhadap Pengguna Jalan Dan Masyarakat Sekitar (Studi Kasus: Jalan Perintis Kemerdekaan I, Kota Kupang Dan Jalan Lanudal Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Dan Dampaknya Terhadap Pengguna Jalan Dan Masyarakat Sekitar (Studi Kasus: Jalan Perintis Kemerdekaan I, Kota Kupang Dan Jalan Lanudal Kabupaten Kupang)

XML

Kerusakan jalan merupakan kondisi dimana struktural dan fungsional jalan mengalami penurunan kualitas dan sudah tidak mampu memberikan pelayanan optimal terhadap lalu lintas yang melintasi diatasnya. Jalan Perintis Kemerdekaan I dan Jalan Lanudal merupakan dua ruas jalan yang telah mengalami kerusakan di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan dampak dari kerusakan jalan bagi pengguna jalan dan masyarakat sekitar. Metode yang digunakan adalah metode Pavement Condition Index (PCI) untuk mengukur tingkat kerusakan jalan dan metode Mean serta Analisis Regresi Linear Berganda untuk mengetahui dampak dari kerusakan jalan. Berdasarkan hasil perhitungan tingkat kerusakan jalan, didapat nilai rata-rata Pavement Condition Index (PCI) pada jalan Perintis Kemerdekaan I, yaitu 56 termasuk dalam kondisi sedang (fair). Nilai rata-rata Pavement Condition Index (PCI) pada jalan Lanudal, yaitu 40,7 termasuk dalam kondisi buruk (poor). Hasil perhitungan dampak kerusakan jalan metode Mean, didapat dampak yang paling dirasakan pengguna jalan dan masyarakat sekitar jalan Perintis Kemerdekaan I ,yaitu dapat menyebabkan kecelakaan kendaraan dengan skor sebesar 4,52. Sedangkan pada jalan Lanudal, yaitu terjadinya guncangan berlebihan pada kendaraan dengan skor sebesar 4,55. Hasil Regresi Linear Berganda didapat variabel aspek keselamatan memiliki nilai Beta terbesar, yaitu 0.637 adalah variabel yang paling dominan atau dampak yang paling dominan yang dirasakan pengguna jalan dan masyarakat sekitar jalan Perintis Kemerdekaan I. Sedangkan aspek kenyamanan dengan nilai Beta terbesar, yaitu 0.720.adalah variabel yang paling dominan atau dampak yang paling dominan yang dirasakan pengguna jalan dan masyarakat sekitar jalan Lanudal.

Kata kunci: Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index, Mean, Regresi Linear Berganda


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA YULIANI DIGUR - Personal Name
Student ID
1906010006
Dosen Pembimbing
ANDI KUMALAWATI - 196310301994122001 - Dosen Pembimbing 1
John H. Frans - 197506022001121002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andi Kumalawati - 196310301994122001 - Ketua Penguji
John H. Frans - 197506022001121002 - Penguji 1
Dantje Arie Tresna Sina - 197804172003121002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Sains dan Teknik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 DIG A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA